Electronic Resource
EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN
Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan. Untuk pencegahan
penyebaran covid 19 pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan seluruh
lembaga pendidikan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan Pembelajaran Jarak
Jauh atau disebut pembelajaran daring. Hal ini menuntut kemampuan dosen dan
mahasiswa untuk dapat menggunakan teknologi informasi secara efektif agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas metode
pembelajaran daring pada matakuliah asuhan kebidanan. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitaif dengan desain penelitian analitik coss sectional. Populasi seluruh
mahasiswi program studi S1 Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru yang
berjumlah 36 orang, seluruh populasi dijadikan objek penelitian. Penelitian dilakukan
bulan Maret – Juni 2021. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisa
secara univariate dan bivariate. Hasil penelitian diperoleh efektivitas metode
pembelajaran daring berada pada kategori efektif yaitu 58,3% (21 Responden), Aspek
keefektifan metode pembelajran daring adalah digunakannya media yang sesuai 72,3%
(26 Responden), Hasil belajar mahasiswa berada pada kategori Baik yaitu 58,3% (21
Responden) dan terdapat hubungan efektifitas metode pembelajran Daring dengan
hasil belajar mahasiswa (r = 0,509) dengan tingkat keeratan sedang yaitu t=3,448.
Diharapkan kepada Dosen selaku tenaga pendidik dapat memperhatikan aspek-aspek
seperti: menggunakan media pembelajaran yang sesuai, Strategi pembelajaran
(Instructional Strategy) yang baik, Aktivitas pembelajaran yang variatif, dan Sumber
Belajar (Learning Resources) yang luas, sehingga pembelajaran daring dapat
dilaksanakan secara efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai yang dapat dilihat
dari hasil belajar mahasiswa yang baik.
EJN000152 | 618.2 AMR e | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain