Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN

Electronic Resource

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DARING (DALAM JARINGAN) PADA MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN

Husna Farianti Amran - Nama Orang; Linda Suryani - Nama Orang;

Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan. Untuk pencegahan
penyebaran covid 19 pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan seluruh
lembaga pendidikan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan Pembelajaran Jarak
Jauh atau disebut pembelajaran daring. Hal ini menuntut kemampuan dosen dan
mahasiswa untuk dapat menggunakan teknologi informasi secara efektif agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai. Tujuan penelitian ini mengetahui efektivitas metode
pembelajaran daring pada matakuliah asuhan kebidanan. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitaif dengan desain penelitian analitik coss sectional. Populasi seluruh
mahasiswi program studi S1 Kebidanan STIKes Payung Negeri Pekanbaru yang
berjumlah 36 orang, seluruh populasi dijadikan objek penelitian. Penelitian dilakukan
bulan Maret – Juni 2021. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisa
secara univariate dan bivariate. Hasil penelitian diperoleh efektivitas metode
pembelajaran daring berada pada kategori efektif yaitu 58,3% (21 Responden), Aspek
keefektifan metode pembelajran daring adalah digunakannya media yang sesuai 72,3%
(26 Responden), Hasil belajar mahasiswa berada pada kategori Baik yaitu 58,3% (21
Responden) dan terdapat hubungan efektifitas metode pembelajran Daring dengan
hasil belajar mahasiswa (r = 0,509) dengan tingkat keeratan sedang yaitu t=3,448.
Diharapkan kepada Dosen selaku tenaga pendidik dapat memperhatikan aspek-aspek
seperti: menggunakan media pembelajaran yang sesuai, Strategi pembelajaran
(Instructional Strategy) yang baik, Aktivitas pembelajaran yang variatif, dan Sumber
Belajar (Learning Resources) yang luas, sehingga pembelajaran daring dapat
dilaksanakan secara efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai yang dapat dilihat
dari hasil belajar mahasiswa yang baik.


Ketersediaan
EJN000152618.2 AMR ePerpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
JOMIS (Journal of Midwifery Science)
No. Panggil
618.2 AMR e
Penerbit
Surabaya : Program Studi S1 Kebidanan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya., 2021
Deskripsi Fisik
10 p
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2579-7077
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol 5, No 2, Juli 2021
Subjek
kebidanan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik