Electronic Resource
STRATEGI EDUKASI GIZI DAN EFEKTIVITAS MEDIA POSTER SEBAGAI IMPLEMENTASI KELUARGA SADAR GIZI (KADARZI)
Rendahnya persentase Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) yang hanya 29,6%. Masih
tingginya kasus berat badan bayi lahir rendah sebanyak 104 kasus pada bulan JanuariJuli 2018 di RSUD Arifin Achmad, mencerminkan perilaku kurang dalam pola hidup
sehat selama kehamilan.Tujuan penelitian mengembangkan media poster sebagai
strategi edukasi bagi petugas kesehatan ibu bayi dan balita,serta mengetahui efektivitas
media poster sebagai upaya pencapaian Kadarzi di RSUD Arifin Achmad Provinsi
Riau.Jenis penelitian deskriptif analitik dengan desain quasi experiment pretest posttest
one grup dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif.Sampel uji kelayakan
media poster tenaga kesehatan 26 responden. Sampel uji implementasi edukasi
Kadarzi ibu nifas,ibu bayi dan balita 48 responden.Strategi edukasi menggunakan
media Poster dengan pesan edukasi ASI Eksklusif,timbang berat badan bayi dan balita
secara teratur,makan garam beryodium,makan makanan beraneka ragam,konsumsi
suplemen sesuai anjuran.Data dianalisis dengan uji t Dependen. Hasil uji efektivitas
media poster menunjukkan lebih dari 80% pengetahuan responden meningkat menjadi
lebih baik dari sebelumnya dan (p=0,000) sehingga ada pengaruh signifikan efektivitas
media poster sebagai strategi edukasi bagi petugas kesehatan, ibu nifas,ibu bayi dan
balita sebagai upaya pencapaian Kadarzi di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.
Kesimpulan media poster yang simpel,mudah dipahami dan bersifat universal efektif
meningkatkan pengetahuan gizi ibu nifas,bayi dan balita.
EJN000128 | 618.2 WIJ s | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain