Text
SISTEM INFORMASI PENANGANAN PENGADUAN DAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS) PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN SITUBONDO BERBASIS WEBSITE DAN ANDROID MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER DAN ANDROID KOTLIN
Kegiatan pelayanan pengaduan di Dinas Sosial Kabupaten Situbondo harus mendatangi kantor Dinas Sosial untuk melakukan pengaduan, hal ini membuat masyarakat kehilangan banyak waktu untuk melakukan pengaduan, dari pihak pelayanan pengaduan mengalami kesulitan mengatur waktu untuk menangani pengaduan, karena datangnya masyarakat untuk melakukan pengaduan tidak bisa diketahui kapan masyarakat akan melakukan pengaduan, dan juga sering terjadi crash pada saat melakukan pengarsipan karena data pengaduan sangat tidak efisien.
Penelitian ini menggunakan metode Waterfall karena dapat menimalisir kesalah dan proses pengerjaan yang terstruktur dan jelas arahnya. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan akan dibuat Aplikasi Layanan Pengaduan dan Informasi, dimana aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola informasi dan layanan pengaduan secara online. Aplikasi ini dibuat untuk membantu operator informasi dan petugas layanan pengaduan, sehingga tidak lagi melakukannya secara manual dengan mengatur waktu untuk melayani pengadu, dengan begitu tidak perlu banyak menghabiskan waktu dalam melayani masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan layanan pengaduan dan akan mengurangi resiko human error dan sudah terkomputerisasi dalam data. Dari Hasil pengujian sistem dari beberapa responden yang terdiri atas anggota bidang layanan pengaduan dan bidang informasi menunjukan bahwa sistem berjalan dengan baik dan dapat memenuhui kebutuhan user, dengan hasil pengujian 83.4 % yaitu dengan indikator baik, maka aplikasi ini layak digunakan.
2021400323 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain