Electronic Resource
PENERAPAN DATA MINING UNTUK SEGMENTASI JAMA’AH PT. NUR HARAMAIN MULIA SEBAGAI REKOMENDASI PROMOSI
Setiap jama’ah PT. Nur Haramain Mulia Menginginkan peningkatan dalam jama’ah yang memiliki strategis masing-masing dalam menarik para calon jama’ah, serta menentukan daerah mana saja yang menjadi lokasi potensial dalam melakukan promosi. Penelitan ini bermaksud untuk menentukan lokasi dan bulan yang berpotensial dalam melakukan promosi merupakan hal penting bagi sebuah lembaga atau kantor. Sederhananya, Promosi yaitu untuk mempermudah target pasar dan mempermudah tujuan promosi. Tour and travel merupakan melakukan keberangkatan setiap 1 bulan 1 kali, seluruh jama’ah yang berangkat umroh pasti mempunyai teman saudara untuk target promosi bagian marketing. Oleh karena itu, data yang dibutuhkan oleh kantor yaitu, data daerah, data pekerjaan beserta jenis kelamin. Adapun pemasaran untuk saat ini masih menggunakan manual, yaitu penyebaran brosur atau kurang menyeluruh. sehingga terdapat beberapa dampak negatif dari hal tersebut yaitu kurang tau target promosi dari kantor, yang nantinya bisa tidak menyeluruh, oleh karena itu dengan menerapkan data mining dengan mengunakan algortima k-means clustering mengelompokkan item objek penelitian berdasarkan kemiripan sifatnya, sehingga akan memberikan dampak yang baik dalam hal meningkatkan jumlah jama’ah umrah.
S00142 | 011.75 ICH p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain