Electronic Resource
Aplikasi Usulan Kebutuhan Sarana Prasarana dan E-Komplain Di MTs Islamiyah Sentul Berbasis Android
Madrasah Tsanawiyah (MTs) Islamiyah merupakan lembaga Pendidikan terakreditasi B yang terletak di Desa Sentul Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo, Permasalahan yang terjadi di sekolah MTs Islamiyah Sentul adalah tentang usulan kebutuhan dan komplain kerusakan sarana prasarana yang masih disampaikan secara lisan dan tulisan. Ketika siswa atau guru mengajukan usulan kebutuhan dan keluhan tentang kerusakan sarana prasarana, pihak petugas sekolah (TU) masih mendata kebutuhan tersebut di Microsoft word, di cetak, kemudian diserahkan kepada pihak kepala sekolah, cara penyampaian seperti ini tidak ada feedback kepada pelapor apakah usulan atau komplain dari mereka telah dikonfirmasi atau belum. Jika keluhan masih disampaikan dengan menggunakan prosedur seperti diatas, maka akan menyita banyak waktu dan tenaga dalam pengelolaan data pengaduan tersebut, sehingga proses kegiatan belajar mengajar pun menjadi terhambat dan resiko kehilangan data dalam pengarsipan laporan pengaduan dari siswa ataupun guru rawan terjadi karena penyimpanan data tersimpan dalam bentuk hardcopy pada lemari berkas. Dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall serta menggunakan skala likert untuk pengujian, dan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem yang telah dibangun dapat membantu guru dan siswa dalam proses penyampaian usulan kebutuhan dan komplain kerusakan, serta presentase yang diperoleh sebesar 83,2%, sehingga dikatakan sangat layak untuk digunakan.
17010193 | 17 KIM a 193 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain