Electronic Resource
Sistem Informasi Geografis Untuk Monitoring Komplain Pelanggan Telkom Kraksaan berbasis web
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) adalah salah satu instansi penyedia layanan internet yang selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Salah satu layanannya adalah komplain, pelanggan dapat melakukan komplain dengan dua cara yaitu menghubungi call center yang disediakan atau datang langsung ke kantor Telkom terdekat. Informasi komplain pelanggan akan diketik manual oleh operator dan akan ditindak oleh petugas lapangan yang telah ditugaskan. Masalah yang terjadi adalah kegiatan manual yang masih harus dilakukan oleh operator dan petugas lapangan masih harus menghubungi pelanggan untuk alamat yang lebih detil. Dengan dua metode tersebut dinilai masih belum optimal.
Solusi yang ditawarkan adalah membangun sistem informasi yang dapat mengoptimalkan kegiatan penanganan komplain berbasis web yang terintegrasi dengan sistem informasi geografis. Model rekayasa perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall. Penelitian ini menghasilkan aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Monitoring Komplain Pelanggan Telkom Kraksaan dengan capaian persentase kelayakan sebesar 95% dan termasuk kategori layak untuk digunakan.
15014142 s | 15 RAH s 142 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain