Electronic Resource
Upaya guru dalam membentuk karakter siswa melalui trilogi dan panca kesadaran santri
Upaya guru dalam membentuk karakter yang baik akan berusaha membawa semua siswa kepada tujuan (mempunyai karakter yang baik). Apa yang diupayakan oleh guru hendaknya diikuti oleh semua siswa. Adapun tujuan guru dalam berupaya dalam membentuk karakter siswa melalui triloogi dan panca kesadaran santri, agar siswa bisa mengikuti semua apa yang telah diupayakan oleh guru, bukan hanya beberapa orang saja yang mengikuti, akan tetapi semua siswa harus bisa membentuk karakter yang baik.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Menetaptan keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber di luar data tersebut sebagai bahan perbandingan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses upaya guru dalam membentuk karakter melalui trilogi dan panca kesadaran santri masih kurang efektif, dengan kerjasama yang masih kurang, dan keinginan dari siswa untuk berubah itu juga kurang. Upaya dalam membentuk karakter terdapat beberapa penghambat yang notabene-nya sudah ditemukan solusi dan penanganannya. Adapun faktor penghambat dari upaya guru dalam membentuk karakter siswa melalui trilogi dan panca kesadaran santri ini sebagai berikut” 1). Tidur di dalam kelas 2). Kurangnya semangat dari siswa. Berikut faktor pendukungnya sebagai berikut: 1). Adanya sarana dan prasarana yang memadai. 2). Adanya kerjasama. 3). Tatatertib siswa.
Dapat disimpulkan upaya dalam membentuk karakter tentunya sangat berat bagi guru, karena untuk membentuk karakter itu memang sangat sulit, kecuali dari siswa juga mempunyai keinginan untuk berkarakter yang baik, jika hanya guru yang sangat berjuang, dan yang semangat, akan tetapi siswa tidak ada keinginan untuk berubah, itu tidak akan bisa efektif, karena itu memang butuh kerjasama antara guru dan siswa harus ada kerja sama, supaya hasilnya bisa efektif.
1530304614 | 15 MEG u 614 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain