Electronic Resource
PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG VIDEOGRAFI KELAS X DI SMK IT FATHUL WAHID CURAH KALAK BERBASIS MOBILE
SMK IT Fathul Wahid Curah Kalak Jangkar merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan yayasan Pondok Pesantren Al Fattah Silahul Yaqin yang berdiri sejak tahun 2014 ini masih memiliki 1 jurusan, yaitu jurusan multimedia. Salah satu mata pelajaran penunjang yang diajarkan di SMK IT Fathul Wahid Jangkar ini adalah Teknik Pengolahan Audio dan Video, yang tentunya sangat dibutuhkan dalam pembelajaran di jurusan multimedia. Proses pembelajaran materi Teknik Pengolahan Audio dan Video yang dilakukan di SMK IT Fathul Wahid Jangkar menggunakan metode lama yakni guru menyampaikan materi pelajaran dengan bersumber buku dan siswa sebagai pendengarnya. Selain itu, juga terdapat materi yang tidak efektif dilakukan jika hanya berpusat pada sumber referensi buku. Salah satunya adalah materi tentang proses pengambilan gambar. Materi ini seharunya membutuhkan pemahaman visual yang jelas tidak hanya sekedar berbentuk literatur dan gambar statis yang tentunya akan berpengaruh terhadap implementasi dari materi tersebut terhadap siswa dalam prakteknya. Ditambah lagi jika siswa harus mempraktekkan materi tersebut di rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak murah..
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi pembelajaran tentang videografi kelas x di SMK IT Fathul Wahid Curah Kalak berbasis mobile guna meningkatkan efektifitas, efisiensi waktu serta meningkatkan daya serap siswa kelas X terhadap materi Teknik Audio dan Video. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode Waterfall dengan beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari Requirement sampai Maintenance. Dibangun dengan menggunakan aplikasi Android Studio. Serta UML sebagai alat untuk pemodelan dari sistem yang dibuat.
Metode penelitian yang digunakan dalam membangun aplikasi pembelajarn tetang videografi ini adalah dengan menggunakan metode Waterfall. Dari pengujian valid yang telah dilakukan baik pengujian internal maupun eksternal, menunjukkan hasil bahwa aplikasi pembelajarn tentang videografi kelas X ini dapat membantu meningkatkan efektifitas, efisiensi waktu serta meningkatkan daya serap siswa kelas X terhadap materi Teknik Audio dan Video.
1821400215 | 18 ABD p 215 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain