Electronic Resource
INTEGRASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN E-COMPLAINT UNTUK PEMELIHARAAN LAYANAN PELANGGAN DI TELKOM KRAKSAAN BERBASIS ANDROID
PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merupakan salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan kepada pelanggan dalam menyediakan jasa yang berhubungan dengan jaringan internet, tv kabel dan telepon di Indonesia. Telkom menyediakan berbagai pelayanan pelanggan yang tugasnya memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh setiap pelanggan.Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam memberikan pelayanan adalah masyarakat atau pelanggan susah untuk menjelasakan bagaimana keluhan yang ingin disampaikan baik secara langsung ataupun melalui call center sehingga pengaduan tidak tersampaikan dengan baik. Di samping itu petugas juga susah untuk menemukan lokasi pelanggan yang bersangkutan, sehingga petugas harus berulang kali menelepon pelanggan untuk mencari lokasi pelanggan.
Salah satu solusi dari masalah tersebut adalahdengan dibuatnya aplikasi integrasi sistem informasi geografis dan e-complaint untuk pemeliharaan layanan pelanggan yang aplikasinya ditujukan untuk melakukan proses pengaduan dan perbaikan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan pada sistem ini yaitu dengan menggunakan metodeWaterfall, sedangkan software yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Android Studio dengan bahasa pemrograman Java.
Hasil dari penelitian yang telah diuji dengan mendapatkan hasil berdasarkan uji kelayakan sebesar 80,62% diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Telkom dan mempermudah pelanggan dalam melakukan pengaduan pelayanan terutama di Telkom Kraksaan.
15013977 | 15 KUR i 977 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain