Electronic Resource
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA FILUM ARTHROPHODA DALAM KELAS INSECTA BERBASIS AUGMENTED REALITY
Filum arthropoda merupakan filum terbesar di dalam kingdom animalia. Mereka hidup dipermukaan atau didalam tanah, di air, serta ada yang hidup parasit didalam tubuh hewan atau tumbuhan. Kelas insecta atau serangga merupakan serangga yang memiliki enam kaki yang melekat di bagian dada sehingga disebut heksapoda. Umumnya media pembelajaran saat ini masih di dominasi oleh buku yang berisi tulisan dan gambar saja. Penggunaan gambar 2D yang tersedia dalam buku teks terkesan kurang menarik dan terkadang gambarnya buram atau kurang jelas untuk dipahami oleh siswa. Kendala lain yang sering dihadapi saat melakukan praktek pengenalan hewan insecta yaitu sulit menemukan serangga yang akan dicontohkan sebagai bahan praktek. Oleh karena itu perlu dirancang sebuah aplikasi materi filum arthropoda dalam kelas insecta berbasis augmented reality sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan hewan insecta dengan tampilan objek 3D sehingga mampu membuat siswa tertarik. Metode yang digunakan dalam pengembangan program ini adalah menggunakan metode waterfall, karena setiap tahap harus diselesaikan terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke tahap berikutnya untuk menghindari terjadinya pengulangan tahapan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi android filum arthropoda dalam kelas insecta berbasis augmented reality yang mampu membantu dan memudahkan guru ataupun siswa dalam kegiatan praktek pengenalan hewan insecta dengan tampilan objek 3D.
15014024 p | 15 AHM p 024 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain