Electronic Resource
UPAYA PT ADIRA SITUBONDO MENANGGULANGI KREDIT MACET PERSPEKTIF PERILAKU KONSUMEN
Amania, Rika Tarwiyatul. 2018. PT UPAYA ADIRA MENANGGULANGI KREDIT MACET PERSPEKTIF PERILAKU KONSUMEN (STUDY KASUS ADIRA FINANCE SITUBONDO).Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pembimbing (I) Syamsuri Hasan, M.HI (II) Moh. Idil Ghufron, M.EI.
Kata Kunci: Kredit Macet, perilaku konsumen.
Di Daerah Situbondo banyak masyarakat melakukan transaksi motor secara kredit. Hal tersebut menyebabkan terjadinya kredit macet oleh konsumen PT Adira Dinamika Multi Finance dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Pengkreditan yang tidak di sengaja dilakukan karena konsumen tersebut salah satunya di PHK dan menurunnya pendapatan ekonomi. Dari permasalahan tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi). Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet di PT ADIRA FINANCE dan Upaya PT ADIRA Situbondo menaggulangi terjadinya kredit macet perspektif perilaku konsumen.
Metode yang digunakan pada skripsi ini ialah metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun dengan peneliti ini yakni mengumpulkan data peneliti menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara.
Metode analisis data yang digunakan metode analisis deskriptif kualitatif, dari hasil penelitian ini dapat ditemukan dua data yaitu data primer adalah data yang diperoleh berdasarakan hasil penelitian melalui wawancara dengan pihak terkait dan data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumen-dokumen grafis yang dapat diperkaya data primer yang berfungsi melengkapi data-data ynag diperlukan oleh peneliti. dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa faktor terjadinya kredit macet yaitu tidak mampu untuk membayar karena suku bunga yang sangat tinggi dan tidak diperhitungkan lebih awal. Debitur seringkali menunggak (Overdue) dan sulit ditemui dan karakter nasabah perlu adanya surveyor yang mampu membaca karakter nasabah. Selain itu kurang adanya surveyor yang tepat sehingga mudahnya meloloskan kreditor.Upaya Adira Finance Situbondo menaggulangi terjadinya kredit macet perspektif perilaku konsumen yaitu penyelesaian kredit macet atau wanprestasi dalam perjanjian kredit yang dilakukan oleh PT Adira Finance, secara garis besar ditempuh melalui dua cara, yaitu : melalui jalur non litigasi dan persyaratan kembali (Reconditioning).
142801672 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain