Electronic Resource
Strategi pembelajaran aktif di dalam mwningkatkan keterampilan membaca kitab kuning di madrasah diniyah darullughah wal karomah sidomukti kraksaan
ABSTRAK
Lukman Hakim “Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Membaca
Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Lughah Wal
Karomah Sidomukti Kraksaan”. Fakultas Agama Islam, Pendidikan Bahasa
Arab (PBA) Universitas Nurul Jadid. Dosen Pembimbing (Dr. H. Hasan
Baharun, M. Pd dan Mu’allim Wijaya, M. Pd)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Dalam Meningkatkan Membaca
Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah
Sidomukti Kraksaan. 2) Respon santri di Dalam Membaca Kitab Kuning Di Madrasah
Diniyah Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan. 3)
Pelaksanaan strategi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren
Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan. 4) Faktor-faktor apa saja yang
menunjang dan menghambat pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok
Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif data
yang dikumpulkan bukan angka-angka, akan tetapi berupa kata-kata atau gambaran.
Data yang dimaksud berasal dari wawancara, observasi, catatan lapangan, video tape,
dokumen pribadi dan dokumen-dokumen lainnya. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang
menggambarkan fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh peneliti dari subjek
yang berupa individu, organisasional atau perspektif yang lain.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Tujuan yang ingin dicapai dalam
pelaksanaan pembelajaran kitab kuning adalah agar mahasiswa mampu memahami
materi yang diajarkan oleh para dosen dan mampu meng-implementasikannya dalam
kehidupan sehari-hari. Serta untuk mencetak calon Ulama yang mampu menyiarkan
ajaran agama Islam dan menegakkan amar ma'ruf nahi munkar setelah para santri lulus
dari Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti
Kraksaan. 2) Sebagian santri merespon dan menganggap pembelajaran tersebut dapat
membantu mengembangkan kepribadiaanya. Namun sebagian santri yang lain respon
santri biasa-biasa saja yang dapat dimaknai sebagai pembelajaran formalitas yang wajib
diikuti dan wajib lulus dengan standar minimal nilai yang ditentukan. 3) Pelaksanaan
strategi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darul
Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Strategi yang diterapkan sorogan,
bandungan, dan penugasan/resitasi. 4) Faktor yang menunjang terlaksananya
pembelajaran kitab kuning adalah keberadaan astidz yang mempunyai kemampuan yang
mumpuni, banyaknya santri yang lulusan dari pesantren faham terhadap pembelajaran
kitab kuning
Faktor yang menghambat terlaksananya pembelajaran kitab kuning adalah
pemanfaatan dan penataan catalog Perpustakaan, Minimnya Alokasi Waktu, Minimnya
Pengetahuan santri tentang Ilmu Nahwu dan Sharaf dan Minimnya Kosakata Bahasa
Arab Yang Dikuasai Oleh santri.
123605618 | - | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain