Electronic Resource
PENERAPAN TEKNIK UMPAN BALIK DALAM MENINGKATKANAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. TAHUN AJARAN 2017 -2018
Teknik umpan balik merupakan salah satu metode yang digunakan sebagai cara untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran karena dengan adanya teknik umpan balik seorang guru lebih mudah dalam memberikan pelajaran kepada siswa karena siswa sudah siap untuk menerima pelajaran yang akan disampaiakan, maka apa yang disampaikan olehnya bisa tertanam kedaalam jiwa para peserta didik dan menjadi karter dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mempermudah proses penelitian ini, maka peneliti membuat rumusan masalah yaitu:1. Bagaimanapenerapanteknikumpanbalik dalammeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMP NurulJadidPaitonProbilinggo? 2. ApasajafaktorpendukungdanpenghambatpenerapanteknikumpanbalikdalammeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaranPendidikan Agama Islam di SMP NurulJadidPaitonProbilinggo?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan teknik umpan balik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Jadid Paiton Probilinggo.
Pendekatan yang di gunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research) dengan cara melakukan wawancara (in-dept interview) mendalam tentang penerapanteknikumpanbalik dalam meningkatkan motivasi. Untuk pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif,yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan pengamatan kegiatan yang dilakukan di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Sehingga peneliti dapat memperoleh kesimpulan tentang penerapan teknik umpan balik dalam meningkatkanan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, guru dalam menerapkan teknik umpan balik guna meningkatkan motivasi belajar,ada beberapa metode yang digunakan di dalam kelas, salah satunya dengan cara menstimulus para siswa ketika baru masuk ke dalam kelas, agar ketika proses KBM berjalan, di harapkan para siswa dapat bersemangat dan menerima mata pelajaran dengan baik.dengan memberi motivasi terlebih dahulu kemudian dipancing dengan mengulang pelajaran dan fokus pada pembelajaran, metode itu adalah merupakan cara untuk membangkitkan semangat para siswa dalam menerima pelajaran yang akan disampaikan oleh guru.
143306160 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain