Electronic Resource
SISTEM INFORMASI E-COMPLAINT DOSEN AMIK TARUNA PROBOLINGGO DENGAN MEMANFAATKAN BOT TELEGRAM
Di era serba teknologi ini, banyak permintaan mahasiswa agar mendapatkan fasilitas terbaik dari akademik maupun dosen. Salah satunya fasilitas penampung keluhan selama masa perkuliahan berlangsung. Perkembangan teknologi yang tinggi mengakibatkan terbentuk kebutuhan pelayanan akademik yang tinggi pula sehingga akhirnya terbentuk sebuah sistem informasi yang dapat berguna bagi para mahasiswa. Keluhan berupa saran dan masukan baik bagi akademik atau dosen akan membuat perbaikan dan kemajuan yang pesat untuk perguruan tinggi. Amik Taruna Probolinggo adalah salah satu perguruan tinggi ilmu komputer yang belum mempunyai fasilitas keluhan yang dirasakan mahasiswa. Sehingga mahasiswa hanya bisa menceritakan pada antar teman atas keluhan yang dirasakan selama perkuliahan berlangsung. Selama ini, pihak akademik tidak mengetahui kendala yang terjadi di proses perkuliahan. Misalnya, tidak adanya proses perkuliahan tetapi mahasiswa diminta untuk tanda tangan absen sampai dengan ruang lingkup materi yang kurang mendalam terutama pada mata kuliah pemprograman. Untuk mengatasi permasalahan yang telah diuraikan sebelumnya maka diperlukan sebuah solusi dalam bentuk pembuatan sistem Informasi E-complaint Dosen di Amik Taruna Probolinggo dengan memanfaatkan bot telegram, agar proses komplain yang disampaikan lebih efektif dan efisien untuk membangun aplikasi ini adalah waterfall. Model waterfall memiliki beberapa tahapan yaitu System Engineering, Requirements, Design, Coding, Testing dan Maintenance. Hasil pengujian Internal dan Eksternal menunjukkan bahwa penelitian ini menghasilkan sebuah sistem atau aplikasi yang dapat mempermudah mahasiswa dan dosen dalam melakukan komplain terhadap pihak akademik. Data pengujian Internal dan Eksternal dapat dilihat di lampiran laporan ini.
17010294 | 17 SIT s 294 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain