Electronic Resource
PENGARUH FASILITAS DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDA’IYAH NURUL MUN’IM KARANG ANYAR PAITON PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018
ABSTRAK
MASRUROH, DURROTUL. 2018, Pengaruh Fasilitas Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im Karang Anyar Paiton Probolinggo Thn Pelajaran 2017-2018. Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Jadid Paitin Probolinggo. Dosen Pembimbing: (1) Dr. H. Akmal Mundiri, M. Pd.(II) Chusnul Muali, M. Pd
Kata Kunci: Fasilitas, Motivasi dan Prestasi Belajar Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im merupakan satu diantara sekian lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Jadid. Dalam proses pembelajaran Fasilitas dan motivasi merupakan Faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Mengingat selama ini prestasi belajar peserta didik yang selalu mengalami pasang surut, hal ini dikarenakan guru kurang memperhatikan terhadap kebutuhan peserta didik. Fasilitas dan Motivasi merupakan factor penting untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tanpa tersedianya Fasilitas yang memadai serta kurangnya Motivasi belajar peserta didik maka tujuan pembelajara tidak akan tersampaikan secara maksimal. Dari permasalahan tersebut diatas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis untuk mengkaji persoalan tersebut lebih jauh lagi dalam bentuk karya ilmiah (Skripsi). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui adakah pengaruh Fasilitas dan Motivasi terhadap Prestasi belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Madrasah Ibtida’iyah NurulMun’im baik secara persial dan simultan. Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan pendekatan Kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui Angket dan tes. Adapun untuk menganalisis data peneliti menggunakan Somer’sD & Regresi Berganda dengan bantuan SPSS 16 untuk mempermudah peneliti menganalisis data yang sudah terkumpul. Berdasarkan Analisis yang dilakukan sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Ada pengaruh Fasilitas belajar terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im Karang Anyar Paiton Probolinggo Thn Pelajaran 2017-2018. 2) Tidak ada pengaruh Fasilitas terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak Peserta didik Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im Karang Anyar Paiton Probolinggo Thn Pelajaran 2017-2018. 3) Tidak ada pengaruh Motivasi belajar terhadap Prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im Karang Anyar Paiton Probolinggo Thn Pelajaran 2017-2018. 4) Tidak ada pengaruh antara Fasilitas dan Motivasi secara Simultan terhadap Prestasi belajar Aqidah Akhlak peserta didik Madrasah Ibtida’iyah Nurul Mun’im Karang Anyar Paiton Probolinggo Thn Pelajaran 20172018.
143706348 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain