Electronic Resource
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK BMT DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF (Study kasus di BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang)
Pemasaran muncul pertama kali sejak kemunculan istilah barter. Proses pemasran di mulai sebelum barang-barang di produksi dan tidak berakhir dengan penjualan. sebagai lembaga keuangan syariah, BMT berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah. Keimanan dan keyakinan menjadi landasan untuk mampu dan berkembang.Keterpaduan mengisyaratkan adanya harapan untuk mencapai sukses dunia dan akhirat juga keterpaduan antara sisi maal dan tanwil (sosial dan bisnis), keterpaduan antara fisik dan mental, rohaniah dan jasmaniah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran produk BMT UGT Capem Ketapang dalam meningkatkan keunggulan kompotitif ? 2) Apa keunggulan dan kendala dalam pemasaran produk BMT dalam meningkatkan keunggulan kompetitif ?
Penelitian ini termasuk penelitian empiris (penelitian lapangan), dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi.Sedangkan untuk di tinjau dari jenisnya, penelitian ini juga bisa digolongkan ke dalam penelitian deskriptif-kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang di terapkan oleh BMT UGT Sidogiri Capem Ketapang dalam meningkatkan keunggulan kompetitif adalah menggunakan konsep bauran pemasaran, yaitu Strategi Produk, Strategi Harga, Strategi Tempat, Strategi promosi. Strategi pada produk ditunjukkan dengan adanya suatu produk yang diunggulkan yaitu produk Simpanan umum, Simpanan berjangka (deposito).Strategi Harga, Penetapan harga yang tidak memberatkan nasabah. Strategi tempat dilakukan dengan memilih lokasi yang terjangkau bagi nasabah atau calon nasabah. Sementara Strategi promosi yang di jalani oleh BMT UGT Sidogiri adalah meluruskan niat, jemput bola, pelayanan yang baik, memperluas jarianag dan periklanan seperti pamflet dan brosur.
142801573 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain