Electronic Resource
PENGARUH PENGGUNAAN METODE ‘’GALLERY WALK’’ TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PAITON
Dalam proses pembelajaran penggunaan metode dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Karena dengan adanya metode pembelajaran, pembelajaran akan lebih terarah dan menarik minat serta dapat mengorganisasikan kelas menjadi kelas yang aktif dan menyenangkan. Selama ini metode belajar konvensional masih mendominasi proses pembelajaran di sekolah, sehingga siswa terkadang merasa bosan dan tidak ada minat untuk belajar, hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa. Dari penjelasan tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti tentang “ Pengaruh Penggunaan Metode Gallery Walk Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Paiton”. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh metode gallery walk terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Paiton,(2) megetahui seberapa besar pengaruh metode gallery walk terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Paiton.
Untuk menjawab permasalahan tersebut digunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui metode angket, setelah data dikumpulkan, maka dilakukan analisis Mann Whitney dengan menggunakan aplikasi SPSS.16. for windows.
Berdasarkan analisis yang dilakukan sebelumnya maka dapat ditarik kesimpulan bahwa; (1) Ada pengaruh metode gallery walk terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Paiton hal ini dibuktikan dengan nilai Asymp.Sig 0.013 < 0.05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, (2) Besaran pengaruh metode gallery walk terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 1 Paiton berdasarkan analisis SPSS.16, didapat nilai Asymp.Sig sebesar 0.013 yang dinyatakan signifikan serta besaran pengaruhnya sebesar 32.7 %.
143306282 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain