Electronic Resource
PENINGKATAN KETERAMPILAN KITABAH ARABIYAH SISWI MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI MADRASAH DINIYAH FATHIMATUZZAHRO’ PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Fitriyah, Izzatul. 2018. Peningkatan Keterampilan Kitabah Arabiyah Siswi Melalui Metode Tutor Sebaya di Madrasah Diniyah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo: Pembimbing : (1) Dr. Hefniy, M.Pd. dan (2) Abdullah, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Keterampilan Kitabah Arabiyah
Metode merupakan tata cara untuk melaksanakan suatu aktifitas, sehingga aktifitas tersebut berjalan sesuai dengan tahapan yang ditentukan, yang pada akhirnya tujuan dapat tercapai, dipandang dari tingkat partisipasi aktif siswa, keuntungan belajar secara berkelompok dengan tutor sebaya mempunyai tingkat partisipasi aktif siswa lebih tinggi.
Tujuannya untuk mendeskripsikan bagaimana metode tutor sebaya dalam meningkatkan keterampilan kitabah Arabiyah siswa di Madrasah Diniyah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, dan untuk mendeskripsikan Bagaimana konsep peningkatan keterampilan kitabah Arabiyah siswa Madrasah Diniyah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Metode tutor sebaya guru memilih materi dan membagi per sub bab pada siswi, guru membentuk kelompok sebanyak sub-sub materi, sedang siswa yang pandai tersebar dalam setiap kelompok yang bertindak sebagai tutor, masing-masing kelompok dipandu oleh tutor untuk mempelajari materi yang telah dibagikan. setiap perwakilan dari semua kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil belajar kelompoknya. guru menambah penjelasan dan membenarkan jika dirasa ada yang peru diluruskan.
Konsep peningkatan keterampilan kitabah Arabiyah siswa Madrasah Diniyah Fathimatuzzahro’ Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo dapat diterima atau disetujui oleh siswa yang mendapat program perbaikan sehingga sisa tidak mempunyai rasa takut atau enggan untuk bertanya kepadanya, dapat menerangkan bahan-bahan materi yang dibutuhkan siswa yang berkesulitan, mempunyai daya kreatifitas yang cukup untuk memberikan bimbingan kepada temannya.
143606307 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain