Electronic Resource
SEGMENTASI PELANGGAN MENGGGUNAKAN METODE SOM SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS : CV KARUNIA)
CV. Karunia merupakan salah satu distributor yang bergerak dalam bidang penjualan dan pendistribusian kosmetik, salah satu tugasnya yakni melayani pelanggan yang telah melakukan pemesanan, oleh karena itu untuk setiap pengiriman pesanan tersebut harus terekap dengan baik. Agar distributor tesebut dapat mengelompokkan pelanggan sesuai wilayah dan skala pesanan, ini gunanya supaya mempermudah mengetahui daerah dan pelanggan mana saja yang memiliki jumlah pesanan lebih banyak.Untuk mencapai kesuksesan tersebut manajer harus merencanakan strategi pemasaran guna untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beraneka ragam dan keinginan serta kebiasaan dalam membeli produk yang di pasarkan. Oleh sebab itu mereka harus memiliki strategiuntuk pemasaran salah satu contohnya dengan menggunakan metode SOM (Self Organizing Maps) yang bertujuan dapat mempermudah perusahaan dalam melakukan pemasaran dengan cara pengelompokan pelanggan sesuai keinginan dan kebiasaan pelanggan,untuk menghadapi sumber daya pesaing dan memperoleh laba yang maksimal. Hasil percobaan metode SOM melakukan proses Cluestering, pihak pengambil keputusan dapat memahami segmentasi Customer dan melakukan upaya peningkatan Customer.
15014207 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain