Electronic Resource
PELAYANAN INFORMASI PEMADAMAN PT PLN DI UNIT CABANG PAITON BERBASIS WEB DAN BOT TELEGRAM
Abstract
Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, PT PLN unit Paiton sebagai penyedia informasi kelistrikan kepada pelanggan dituntut memberikan layanan terbaik untuk pelanggan. Jika pada sebelumnya sudah ada layanan SMS center untuk memberikan info kepada pelanggan. Namun teknologi SMS saat ini kurang diminati oleh pelanggan. Dimana teknologi SMS saat ini menjadi hal yang kurang diminati oleh pelanggan karena adanya aplikasi smartphone seperti telegram. Telegram merupakan layanan mengirim pesan yang realtime yang berjalan pada platform mobile, desktop dan web. Telegram memiliki fitur Bot Telegram. Bot telegram adalah fitur telegram yang mempunyai fungsi khusus dan berjalan otomatis sesuai dengan perintah user. Pelanggan dapat berkomunikasi/chatting dengan Bot Telegram yang dirancang sedemikian rupa agar dapat memberikan informasi pemadaman. Aplikasi Telegram dipilih karena aplikasi ini gratis, ringan dan multiplatform dengan Bot API yang cukup lengkap dan makin berkembang.
Kata kunci : Informasi, SMS, pelayanan, aplikasi, pelanggan.
14013690 | 14 WEL p 690 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain