Electronic Resource
Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia bagi Anak dengan Metode Game Petualangan Menggunakan Construct 2
Untuk memenuhi kebutuhan anak Sekolah Dasar (SD) dalam belajar menghafal tokoh pahlawan nasional, maka dipandang perlu untuk menggunakan metode kreatif berbasis Mobile. Kerena pada umumnya tokoh pahlawan nasional terkategori sebagai mata pelajaran sejarah, sedangkan pelajaran sejarah diidentikkan sebagai mata pelajaran yang membosankan, karena kebanyakan dilakukan dengan metode yang monoton dan guru cenderung mengajar dengan model ceramah atau dikte. Sehingga dapat berpengaruh terhadap antusias belajar anak-anak siswa. Pada penilitian ini akan membahas tentang pengembangan game edukasi pengenalan tokoh pahlawan nasional dengan model aksi petualangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan model pengembangan waterfall. Pada tahapan pengembangan ini yang pertama adalah melakukan observasi dan wawancara pada guru dan siswa di Madrasah Ibtida’iyah (MI) Nurul Aula - Sumenep yaitu berkaitan dengan metode pembelajaran yang diterapkan di dalamnya. Langkah selanjutnya merancang aplikasi menggunakan Construct 2 berbasis HTML5. Kemudian setelah aplikasi berhasil dibuat maka hasilnya diujicobakan pada siswa SD/MI. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa banyak siswa yang senang belajar sambil bermain, siswa juga mengapresiasi adanya game edukasi pengenalan tokoh pahlawan nasional dengan model aksi petualangan sebagai media tambahan dalam belajar menghafal tokoh pahlawan.
14013651 | 14 HAS p 651 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain