Electronic Resource
PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA RAUDLATUL ATHFAL MENGGUNAKAN SATUAN PEMBELAJARAN ANDROID SESUAI KURIKULUM RA (STUDI KASUS RA MASYITOH V KARANGANYAR PAITON)
Raudlatul Athfal merupakan jenjang pendidikan formal di bawah pengelolaan kementrian agama, Raudlatul athfal setara dengan taman kanak-kanak dimana kurikulumnya di tekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani/rohani. Namun kenyataannya saat ini perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti smartphone dengan berbagai jenis aplikasi permainan sangat mempengaruhi perkembangan anak dalam proses memperoleh pendidikan. Banyak wali murid yang menyampaikan keluhannya kepada guru terkait kebiasaan putra-putrinya dalam bermain game diluar jam sekolah dan game yang dimainkan tidak sesuai dengan proses pendidikan sesuai usianya, hal itu karenakan mereka begitu mudah untuk memiliki akses dalam bermain game. Kesimpulannya telah dihasilkan suatu aplikasi media pembelajaran interaktif dalam bentuk permainan yang sesuai dengan kurikulum RA berbasis android, Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan adanya aplikasi pembelajaran berbasis game ini diharapkan anak-anak dapat menangkap isi dari aplikasi yang dibangun, aplikasi ini menggunakan perancangan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan pengembangan sistem ini menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari lima tahapan yaitu Communication, Planning, Modelling, Construction, Deployment. Dengan menerapkan hasil dari game edukasi ini, diharapkan dapat membantu anak-anak dalam belajar dan dapat meningkatkan pola pikir kreatif serta menambah pengetahuan lebih maju.
13013048 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain