Electronic Resource
E-COMPLAIN MASYARAKAT BERBASIS ANDROID ( STUDI KASUS DESA RENTENG KECAMATAN GADING KABUPATEN PROBOLINGGO )
Masyarakat Desa Renteng mengalami kesulitan dalam menyalurkan aspirasinya baik berupa keluhan, saran atau kritik yang ingin disampaikan kepada pemerintah desa, karena dalam penyampaian aspirasi tersebut hanya bisa di sampaikan dalam forum rapat musrenbangdes. Didalam menyelenggarak rapat musrenbangdes pemerintah desa hanya mengundang perwakilan dari masyarakat perdusun sehingga masyarakat tidak bebas untuk mengajukan aspirasinya tersebut.
Untuk membantu masyarakat agar semua masyarakat dalam satu desa bisa mengajukan aspirasinya, maka penulis menawarkan aplikasi E-Complain Masyarakat Berbasis Android yang bisa diakses secara online pada mobile andorid, untuk memudahkan masyarakan dalam menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah Desa.
Metode yang digunakan dalam membangun perangkat lunak tersebut adalah metode Water Fall dimulai dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dilakukan analisa data dan perancangan sistem. Analisa data dilakukan dengan alat bantu DFD dalam membangun dan merancang sistem agar berjalan dengan baik, tepat, dan efisien waktu.
Hasil dari penelitan ini yaitu E-Complain Masyarakat berbasis Andriod
yang bisa diakses secara online.
12012824 e | SUG 824 e | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain