Electronic Resource
PERMAINAN PUZZLE BERBASIS ANDROID UNTUK MENGENALKAN TEMPAT WISATA ALAM DI KABUPATEN PROBOLINGGO
Potensi wisata alam yang memiliki keterbatansan sarana promosi dan informasi mebuat banyak tempat wisata tidak diketahui oleh masyarakat. Seiring perkembangan teknologi setiap orang sudah memiliki perangkat mobile android untu mencari hiburan dan informasi. Merujuk pada potensi yang ada, skripsi ini bertujuan untuk menghasilkan permainan puzzle berbasis android yang edukatif dan informatif dengan informasi yang dipilih adalah wisata alam yang berada di kabupaten Probolinggo.
Model pengenmbangan permainan puzzle berbasi android ini berorientasi pada model pengembangan prototype. Permainan ini dikembangkan menggunkan Unity 5.34f1(32-bit). Dengan memanfaatkan fitur Build Setting dari Unity 5.34f1(32-bit) pruduk game sudah bisa diinstal pada setiap perangkat android apapun.
Pada proses validasi, dipilih dua ahli media dan sepuluh pengguna. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dinyatakan bahwa Permainan Puzzle Berbasis Android untuk Mengenalkan Wisata Alam di Kabupaten Probolinggo layak digunakan dengan persentase kelayakan 100% oleh ahli media dan persentase kelayakan 98,5% oleh pengguna. Permainan yang diberi nama WisataAlam Probolinggo ini dapat didownload pada Google PlayStore. Produk ini diharapkan dapat menjadi permainan yang memberikan informasi untuk masyarakat utamanya wisatawan dalam mengenalkan wisata alam yang terdapat di Probolinggo kususnya dikawasan dataran tinggi. Sedangkan untuk peneliti lain, diharapkan produk ini dapat memberikan inspirasi untuk mengembangkan permainan puzzle edukatif lainnya.
12012698 p | HID 698 p | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain