Electronic Resource
SIMULASI PENJADWALAN SERVIS MOTOR PADA BENGKEL AHASS 08884 MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN FIFO (FIRST IN FIRST OUT)
Salah satu fenomena yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah menunggu atau antri. Fenomena ini terjadi apabila kebutuhsn terhadap suatu pelayanan melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Hal ini dapat kita amati ketika terjadi sebuah garis tunggu dari konsumen yang sedang mengantri untuk mendapatkan pelayanan servis di bengkel AHASS 08884. Antrian yang terjadi memiliki bentuk disiplin antrian dimana pelanggan yang lebih dulu datang, maka lebih dulu dilayani (FIFO).
Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah membangun sistem penjadwalan servis yang praktis dalam mengatur antrian dan dapat memberikan informasi mengenai data antrian pelanggan.
Diharapkan aplikasi yang dibuat dapat mengatur antrian servis pelanggan dengan menerapkan teori antrian FIFO yang akan memberikan informasi tentang jadwal servis yang sedang berlangsung, data pelanggan, data suku cadang motor, dan data transaksi pelanggan.
Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam mengembangkan sistem yang diamati adalah menggunakan metode waterfall.
Hasilnya tercipta sebuah aplikasi penjadwalan servis motor dapat melakukan penjadwalan antrian servis sesuai dengan kedatangan pelanggan, penghitungan biaya transaksi servis, rekapan data inventori suku cadang, dan rekapan keuangan.
Aplikasi penjadwalan servis motor yang telah dibuat memberikan kemudahan kepada pengelola bengkel terutama untuk meningkatkan kualitas pelayanan servis terhadap pelanggan.
11012228 s | 11 SIT s 228 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain