Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

APLIKASI SISTEM PELAYANAN PENGADUAN PELANGGAN LISTRIK DI PT. PLN (PERSERO) BERBASIS WEB DENGAN PHP DAN MYSQL

Fiqih Analis - Nama Orang;

Untuk memenuhi kepuasan pelanggan khususnya di PT. PLN (Persero) Rayon Besuki membutuhkan suatu pelayanan pelanggan yang efektif. Permasalahan yang ada di PT. PLN (Persero) Rayon Besuki saat ini yaitu sistem pelayanan pengaduan pelanggan masih menggunakan secara manual yaitu pelanggan datang langsung atau lewat telepon kemudian petugas Operator telekom (Optel) mencatat data keluhan pelanggan di unit pelayanan. Dengan sistem yang ada saat ini, proses pelayanan seringkali mengalami kendala, terutama didalam proses pengolahan data, pengaduan pelanggan, dikarenakan belum adanya sistem terkomputerisasi yang lebih efisien dalam melakukan proses pelayanan pengaduan pelanggan. sehingga perlu adanya sistem aplikasi pelayanan pelanggan berbasis web dengan tujan : (1) Diharapkan dengan adanya aplikasi sistem pengaduan ini bisa memudahkan pelanggan dalam melaporkan keluhan gangguan listrik (2) Dengan aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. (3) Dengan aplikasi ini diharapkan bisa mempermudah operator telkom (optel) dalam membuat jadwal perbaikan. (4) Dengan aplikasi ini diharapkan memudahkan operator (optel) dalam membuat laporan pengaduan pelanggan.
.Pengumpulan data dalam pembuatan aplikasi ini bersifat kualitatif yaitu interview dengan mengadakan tanya jawab langsung dengan bagian operator telkom pelayanan teknik atau Optel. Observasi yaitu pengamatan langsung mengenai sistem pengaduan pelanggan yang berjalan. dan Studi pustaka yaitu pengumpulan data dengan mempelajari buku atau literatur-literatur mengenai sistem informasi. Desain sistem dan perancangan database yang digunakan mulai dari Context Diagram, DFD Level, ERD, Kamus Data dan Desain Input Output yang menghasilkan suatu database. Pengujian aplikasi sistem ini menggunakan metode black box dan kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dirancangnya aplikasi sistem yang dapat menampung pelayanan pengaduan pelanggan berbasis web di PT. PLN (Persero) Rayon Besuki.


Ketersediaan
11012135s11 FIQ a 135Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
11 FIQ a 135
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2015
Deskripsi Fisik
75 halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
11012135
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
pelayanan, pengaduan, pelanggan, PLN, web, PHP, dan MySQL
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik