Electronic Resource
SISTEM INFORMASI MARKETING PRODUK PERTANIAN ORGANIK DI KELOMPOK TANI SUKO TANI DESA JABUNG CANDI BERBASIS WEB
Kelompok “Suko Tani” Desa Jabung Candi merupakan bidang usaha yang bergerak di bidang pertanian organik, dalam mengembangankan penjualan maupun promosi kelompok pertanian masih menggunakan sistem konvensional dalam artian pelanggan masih harus datang ketempat kelompok tani langsung dan promosi yang kelompok lakukan hanya menyebarkan informasi produknya kepada konsumen, hal ini tidak efektif dan efisien. Karena hanya pembeli terdekat saja yang bisa membeli produk yang dijual. Selain itu, operator juga akan kesulitan dalam pembuatan laporan penjualan atau omset penjualan yang didapat. Itu terjadi karena operator harus merekap kembali data-data transaksi sebelumnya.
Proses penelitian dalam pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan untuk pengembangan sistem, peneliti menggunakan metode waterfall. Kelmpok suko tani desa jabung candi menjadi objek penelitian yang dilakukan. Penelitian dilakukan mengenai proses pemasaran dan transaksi penjualan produk yang sedang berjalan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.
Melihat permasalahan diatas, maka perlu perubahan dari aspek pemasaran atau pencatatan produk, sehingga akan dibuat sebuah sistem informasi marketing produk pertanian organik di kelompok suko tani desa jabung candi secara online. Dengan memanfaatkan jaringan internet sebagai media promosi produk dan transaksi pemesanan produk akan dilakukan secara online untuk mempermudah pembeli dalam pemesanan produk, serta dapat membantu operator dalam pembuatan laporan transaksi penjualan.
10011818 | 10 ALJ s 818 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain