Electronic Resource
Aplikasi Tagihan Listrik Di Sub Bagian Lamparan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Berbasis Android
Pada Sub Bagian Lamparan, tagihan listrik sering banyak keluhan dari beberapa personalia yang
menggunakan jasa lamparan dalam penggunaan listrik. Penagihan biaya listrik dilaksanakan setelah adanya
kontroling oleh pihak lamparan dari masing-masing personalia maupun lembaga-lembaga dengan mengecek dan
mencatat meteran yang sudah terpasang. Proses pencatatannya biasanya dilaksanakan pada akhir bulan dan ditagih
pada awal bulan berikutnya. Pada bagian penagihan listrik hanya ditangani 2 orang, 1 orang menangani bagian
kontroling pengecekan meteran listrik , dan satu orang lagi menangani bagian data yang akan mencetak tagihan,
kwitansi pembayaran.
Berdasarkan keluhan dari para pelanggan lamparan dalam penggunaan listrik maupun dari petugas, ternyata
ada beberapa keluhan yang membuat ketidaknyamanan baik dari dari para pelanggan maupun dari petugas itu
sendiri, salah satunya adalah terlalu banyak data pelanggan sehingga rawan terjadi kesalahan dalam proses
pencatatannya yang berujung pada penghitungan biaya listrik. Karena terlalu banyak data dan harus mencari
terlebih dahulu data yang ingin diinputkan dari hasil pencatatan meteran, sehingga sering kali kerepotan dan
membutuhkan waktu yang lama terlebih jika terjadi kesalahan bisa berakibat pada tarif yang terkadang lebih dari
rata-rata, ataupun salah dalam penarikan tarif karena mungkin kesalahan tertukar dengan hasil kontroling di meteran
pelanggan lainnya. Selain itu, tidak adanya informasi yang dapat dilihat oleh pelanggan terkait dengan tagihan,
menunggu adanya tagihan berbentuk kwitansi yang akan diberikan petugas setelah dilakukannya penghitungan tarif.
Maka dari itu perlu adanya sistem untuk menginformasikan kepada pelanggan terkait dengan tagihan dan sekaligus
pembayaran tagihan listrik maupun air. Selain juga dapat mempermudah petugas dalam penentuan tagihan
sekaligus untuk mengefisienkan waktu dalam pencatatan dan mengurangi kesalahan dalam penarikan tagihan.
S00073 | 011.75 ASH a | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain