Electronic Resource
APLIKASI LAYANAN KELUHAN MASYARAKAT DESA LIPRAK KULON BERBASIS ANDROID
Desa Liprak Kulon merupakan desa yang terletak di Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo dimana Aparatur Desa Liprak Kulon dalam pelayanan keluhan masih belum ada, masyarakat cenderung langsung mendatangi kantor desa atau perangkat desa terdekat, ketika ingin melakukan pengaduan keluhan yang dialami oleh masyarakat. Hal tersebut masih kurang optimal karena masih banyak kekurangan dan yang sifatnya belum trasparan atau tidak adanya keterbukaan laporan keluhan antara petugas dan masyarakat. Pada kenyataannya masyarakat masih sulit dalam menyampaikan keluhan kepada Aparatur Desa Liprak Kulon. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis android yang dapat melayani keluhan dari masyarakat dengan harapan masyarakat dengan Aparatur Desa Liprak Kulon dapat saling terhubung sehingga masyarakat dapat menyalurkan keluhan dengan mudah tanpa harus mendatangi kantor desa atau perangat desa terkait. Aplikasi ini dirancang menggunakan Android Studio, dengan metode waterfall untuk metode pengembangan sistemnya. Adapun dalam hal desain sistem digambarkan dengan Flowchart, DFD, serta ERD dalam menggambarkan alir datanya. Berdasarkan hasil uji coba metode tersebut, mampu menghasilkan nilai akurasi sebanyak 96%.
S00152 | 011.75 AZI a | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain