Electronic Resource
ANALISIS SEGMENTASI KONSUMEN DENGAN ALGORITMA AGGLOMERATIVE CLUSTERING DI CV. LOMBOK MAS KRAKSAAN
Segmentasi Konsumen adalah sebuah strategi yang dilakukan dengan membagi konsumen menjadi kelompok – kelompok konsumen yang berbeda yang memiliki karakteristik, perilaku, atau kebutuhan yang berbeda. Segmentasi konsumen ini penting karena dapat digunakan sebagai data pendukung untuk menentukan strategi pemasaran yang efektik dan efisien bagi supervisor marketing dalam kegiatan promosi penjualan produk. Untuk menentukan segmentasi konsumen, dilakukan dengan clustering yaitu dengan cara mengelompokkan data berdasarkan karakteristik konsumen. Sehingga pada penelitian ini, proses clustering dilakukan dengan cara mengelompokkan data konsumen berdasarkan tiga atribut yaitu, jenis motor, jenis pembelian, dan pekerjaan. Data yang digunakan adalah data penjualan sepeda motor pada Cv. Lombok Mas. Proses pengempokkan konsumen dilakukan dengan menggunakan Algoritma Agglomerative Clustering. Algoritma ini bekerja dengan cara pendekatan bawah-atas (bottom-up) dimana pengelompokkan data dimulai dari kecil ke pengelompokkan yang besar. kemudian akan digabungkan menjadi kelompok yang lebih besar. Proses tersebut diulang terus sehingga tampak bergerak keatas membentuk hirarki.
17010013 | 17 AMI a 013 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain