Electronic Resource
SISTEM INFORMASI LAYANAN KELUHAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT PADA DESA LIPRAK KULON BERBASIS WEB DAN BOT TELEGRAM
Desa Liprak Kulon merupakan desa yang terletak di Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo dimana Sebagian masyarakat masih merasa segan atau takut untuk melaporkan keluhan yang sedang terjadi di wilayah tersebut. masyarakat cenderung langsung mendatangi kantor desa atau perangkat desa terdekat ketika ingin melakukan pengaduan keluhan yang di alami oleh masyarakat. Sistem informasi layanan keluhan dan aspirasi masyarakat dapat menjadi alat untuk membantu masyarakat agar lebih mudah melakukan pelaporan keluhan dan aspirasi. Dengan adanya Sistem Informasi Layanan Keluhan dan Aspirasi Masyarakat diharapkan menjadi media yang dapat menghubungkan masyarakat dengan Pemerintah Desa Liprak Kulon. Sistem ini dibangun menggunakan Framework Laravel dan notifikasi Bot Telegram. Masyarakat mengirim Laporan keluhan dan aspirasi melalui website yang kemudian diproses oleh sistem untuk ditampilkan di situs web sehingga dapat dipantau dan diverifikasi oleh Pemerintah Desa Liprak Kulon dan akan menginformasikannya kepada masyarakat. metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pengumpulan data kualitatif, yaitu dengan cara melakukan observasi secara langsung di Kantor Desa Liprak Kulon, serta melakukan wawancara terhadap kasi pemerintahan Desa Liprak Kulon. hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pengujian internal dan eksternal diperoleh nilai 82% yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dikategorikan baik dan layak untuk digunakan.
S00375 | 011.75 ASY s | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain