Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

SISTEM INFORMASI LAYANAN KELUHAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT PADA DESA LIPRAK KULON BERBASIS WEB DAN BOT TELEGRAM

Hasyim Asy'Ari - Nama Orang;

Desa Liprak Kulon merupakan desa yang terletak di Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo dimana Sebagian masyarakat masih merasa segan atau takut untuk melaporkan keluhan yang sedang terjadi di wilayah tersebut. masyarakat cenderung langsung mendatangi kantor desa atau perangkat desa terdekat ketika ingin melakukan pengaduan keluhan yang di alami oleh masyarakat. Sistem informasi layanan keluhan dan aspirasi masyarakat dapat menjadi alat untuk membantu masyarakat agar lebih mudah melakukan pelaporan keluhan dan aspirasi. Dengan adanya Sistem Informasi Layanan Keluhan dan Aspirasi Masyarakat diharapkan menjadi media yang dapat menghubungkan masyarakat dengan Pemerintah Desa Liprak Kulon. Sistem ini dibangun menggunakan Framework Laravel dan notifikasi Bot Telegram. Masyarakat mengirim Laporan keluhan dan aspirasi melalui website yang kemudian diproses oleh sistem untuk ditampilkan di situs web sehingga dapat dipantau dan diverifikasi oleh Pemerintah Desa Liprak Kulon dan akan menginformasikannya kepada masyarakat. metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pengumpulan data kualitatif, yaitu dengan cara melakukan observasi secara langsung di Kantor Desa Liprak Kulon, serta melakukan wawancara terhadap kasi pemerintahan Desa Liprak Kulon. hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pengujian internal dan eksternal diperoleh nilai 82% yang dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut dikategorikan baik dan layak untuk digunakan.


Ketersediaan
S00375011.75 ASY sPerpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
011.75 ASY s
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2021
Deskripsi Fisik
79 Halaman
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
17010144
Klasifikasi
011.75
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
CETAKAN PERTAMA
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Aspirasi Masyarakat, Bot Telegram, Keluhan Masyarakat, Layanan, Sistem Informasi.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik