Electronic Resource
Penerapan Data Mining untuk Analisa Pola Pembelian Produk pada Toko Avindo Motor Menggunakan Algoritma FP-Growth
Aspek penting pada sebuah bisnis penjualan adalah pola pembelian produk yang Hal tersebut menjadi salah satu faktor pendukung peningkatan pendapatan, sekaligus kedatangan pelanggan. Untuk mengetahui semua aspek model pembelian yang baik, diukur berdasarkan produk yang sering dibeli pelanggan, produk yang dibeli pada saat yang sama, penggunaan berdasarkan produk tersebut, dan hubungan antara tiap produk. Salah satu tempat usaha yang berupaya mengembangkan strategi bisnis dengan menggunakan pola pembelian produk adalah toko avindo motor. Persaingan di dunia bisnis menuntut Avindo Motor untuk meningkatkan kualitas penjualan menggunakan suatu metode atau cara sehingga barang apa saja yang biasa dibeli oleh pelanggan dapat diketahui. Dalam sehari Avindo Motor tidak sepi dikunjungi pembeli untuk melakukan transaksi, data transaksi yang dihasilkan bisa mencapai ratusan sehingga setiap harinya pembelian data. Adapun tahapan penelitian ini adalah tahapan Studi literatur, tahapan Pengumpulan data, pengelolaan data dengan datamining , tahap analisis hasil, dan tahapan penyajian. Dari pembahasan yang peneliti telah lakukan, bisa diambil kesimpulan bahwa untuk menentukan pola pembelian produk menggunakan Frequent Pattern Growth telah berhasil dilakukan, dan telah ditentukan association rule ditoko avindo motor seperti jika membeli mur maka akan membeli clip, jika membeli ban dalam maka akan membeli mur dan jika membeli ban dalam maka akan membeli clip.
S00150 | 011.75 SOL p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain