Electronic Resource
Penilaian Berbasis Kelas Berorientasi Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran PAI
This paper presents a conception of class-based assessments oriented to
the Higher Order Thinking Skill, based on the taxonomy of bloom to
streamline the learning of Islamic Education. Class-based assessment is an
activity carried out to obtain and streamline data on student learning
outcomes at the classroom level, during teaching and learning activities.
class-based assessments oriented to the Higher Order Thinking Skill in
learning Islamic Education, is not an instant assessment and without any
follow-up improvements. HOTS-oriented assessment is a continuous
assessment to get feedback on subsequent learning. Through the HOTSoriented assessment, students will be able to think creatively, critically,
innovatively, argue, solve problems, and have expertise in making
decisions, especially on material about Islamic Education. After the
teacher performs class-based assessments oriented to the Higher Order
Thinking Skills, based on the taxonomy of bloom, the teacher needs to
make improvements in a directed and sustainable manner. The results of
the assessment obtained, serve as reference material or reference for
improvement in learning Islamic Education so on.
Kata kunci :class-based assessments, Higher Order Thinking Skill,
taxonomy of bloom
Tulisan ini menyajikan konsepsi tentang penilaian berbasis kelas
berorientasi HOTS berdasarkan taksonomi bloom untuk mengefektifkan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penilaian berbasis kelas
merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk mendapatkan dan
mengefektifkan data tentang hasil belajar peserta didik pada tingkat kelas,
selama dan setelah kegiatan belajar mengajar. Penilaian berorientasi pada
HOTS pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bukan merupakan
penilaian yang hanya sekejap dan tanpa ada tindak lanjut perbaikan, akan
tetapi, penilain berorientasi HOTS merupakan penilaian yang dilakukan
secara terus menerus untuk mendapatkan feedback pada pembelajaran
selanjutnya. Melalui penilaian yang berorientasi pada HOTS tersebut,
peserta didik akan mampu berpikir kreatif, kritis, inovatif, berargumen,
menyelesaikan masalah, dan keahlian dalam mengambil keputusan,
khususnya pada materi tentang Pendidikan Agama Islam.Setelah guru
melakukan penilaian pada pembelajaran berorientasi HOTS berdasarkan
taksonomi Bloom, maka guru perlu mengadakan perbaikan secara terarah
dan berkelanjutan, sehingga hasil penilaian yang didapatkan, dapat
dijadikan sebagai bahan acuan atau rujukan untuk perbaikan pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam selanjutnya.
1530304608 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain