Electronic Resource
RECIPROCAL TEACHING BERBASIS TEKNOLOGI DENGAN PENDEKATAN ASSURE DI PERGURUAN TINGGI
Tulisan ini menyajikan tentang penggunaan model pembelajaran reciprocal
teaching berbasis teknologi dengan pendekatan ASSURE yang akan diterapkan di
perguruan tinggi. Reciprocal Teaching menjadi salah satu model pembelajaran yang
melatih mahasiswa untuk belajar mandiri dan aktif. Dengan adanya penerapan model
pembelajaran reciprocal teaching mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan dan
mengikuti pembelajaran dengan efektif dan efisien. Proses pembelajaran pada
dasarnya merupakan sebuah interaksi langsung antara para pelajar dan pendidik yang
penyelenggaraannya bertujuan untuk untuk sebuah tujuan yang telah direncakan.
Selain itu proses interaksi tersebut akan melahirkan sebuah komunikasi yang efektif
serta diperlukannya sebuah pengembangan media yang bersifat instruksional dengan
melaluli pendekatan ASSURE. Pendekatan ASSURE menjadi sebuah pendekatan
yang dapat mendesain sebuah pembelajaran melalui media yang berbasis teknologi.
Hal ini diperlukan sebagai upaya untuk mengatur dan mengkondisikan proses
pembelajaran di perguruan tinggi dengan menjadikan keaktifan, kekreatifan dan
kemandirian serta mendorong mahasiswa untuk berantusias dalam belajar tekun dan mengikuti perkuliahan. Sehingga dengan adanya penerapan reciprocal teaching dan
pendekatan ASSURE di perguruan tinggi bisa menciptakan kondisi yang lebih
bermakna dan mengaktifkan mereka untuk membangun lebih baik kepribadian dan
karakter serta kemandirian dalam belajar.
1530304667 | 15 LAI r 667 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain