Electronic Resource
MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN PUBLIC OPINION DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi Kasus di SMK Nurul Jadid Paiton Probolinggo Tentang Public Opinion Berbasis Kearifan Lokal)
Humas sebagai corong lembaga, perannya membantu pimpinan lembaga. Nama baik lembaga dan citra baiknya tergantung kepiawaian Humas. Melalui manajemen humas dalam meningkatkan public opinion tentang public opinion building berbasis kearifan lokal ini SMK Nurul Jadid mampu menjawab tantangan jaman, menghadapi persaingan ketat, namun tetap menjalankan kearifan lokal yang ada. Kerifan yang sudah di jalankan oleh yayasan Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Usaha meningkatkat public opinion di lakukan melalui cara-cara profesional dan apik. Isu, media, dan menjalin hubungan dengan masyarakat adalah kuncinya.
Penelitian ini mempunyai tujuan mengungkap manajemen humas dalam meningkatkan public opinion di lembaga pendidikan islam tentang pubic opinion buiding berbasis kearifan lokal. Fokus penelitiannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan; teknik triangulasi sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, semua unsur pimpinan, dan para pendidik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) perencanaan humas dalam meningkatkan public opinion building berbasis kearifan lokal di SMK Nurul Jadid Paiton disusun untuk program jangka panjang, menengah dan pendek, secara umum di programkan diawal tahun pembelajaran dengan berbagai pertimbangan yang berkaitan dengan kebutuhan, sarana, pelaksanaan dan anggaran akan selalu menjadi acuan tetap meskipun dalam perjalanan roda kepemimpinan sekolah terjadi pergantian personil, 2) proses implementasi yang diterapkan selalu dinamis dan terus di kembangkan sesuai tuntutan jaman 3) Evaluasi yang dilakukan dengan mengadakan Supervisi, Evaluasi bulanan, Evaluasi semester dan tahunan.
20171043 | 20 SLA m 043 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain