Electronic Resource
MANAJEMEN PUBLIC RELATION DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN
Manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian karena apa yang direncanakan harus dilaksanakan dan selanjutnya apa yang dilaksanakan perlu dikendalikan untuk menjamin agar pelaksanaan sesuai dengan rencana. Sasaran Public Relation adalah menciptakan opini publik atau disebut dengan persepsi positif atau citra yang menguntungkan semua pihak. Sedangkan Public Relation merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik dari organisasi atau perusahaan, Public Relation adalah usaha untuk mencapai hubungan yang harmonis antara suatu badan atau organisasi dan masyarakat melalui proses komunikasi timbal balik arah. Sedangkan Al-Qur’an adalah sebagai petunjuk spiritual bagi umat manusia. Al-Qur’an eksis bagi setiap zaman dan tempat. Petunjuknya sangat luas seperti luasnya umat manusia dan meliputi segala aspek kehidupannya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen Public Relation perspektif Al-Qur’an, sebagai berikut: (1)Prinsip-prinsip manajemen Public Ralation, (2) Fungsi Public Relation, dan (3) Unsur-unsur Public Relation dalam perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi pustaka (Study Research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis data (Content Analisis).
Prinsip-Prinsip Manajemen Public Relation dalam Perspektif Al-Qur’an, adalah sebagai berikut 1) Kebenaran informasi diantaranya : Al-Ha, Al-Furqon, Al-Bayan dan Al-Burhan. 2) Taraharruk bil Amal. 3) Ihtimamul Ummah. 4) I’dadul Alamah: Mua’hadah, Muhasabah, Mujahadah, Muroqobah, dan Mu’aqobah. 5) I’tikod. 6) Rozin : Tasdiq, Tilawah, Tadabbu,r Takdiq, Tabligh dan Tahfidz. 7) Hikmah (Mauidhoh Hasanah). Fungsi Public Relation dalam Perspektif Al-Qur’an, diantaranya sebagai berikut : 1) Memelihara komunikasi yang baik ; Qoulan Syadidan, Qoulan Layyinan, Qoulan Ma’rufan, Qoulan Maysuran, Qoulan Karimah, Qaulan Syakila, dan Qoulan Baligha. 2) Menitik beratkan moral dan tingkah laku yang baik : Al-Khoir dan Al-Gharbi . Unsur-unsur Public Relation dalam Perspektif Al-Qur’an, diantaranya sebagai berikut : 1) Sebagai fungsi manajemen; At-Tahtiih, At-Tahdziim, At-Tansiiq, Ar-Riqobah, At-Targhib, Al-Khilafah 2) Sebagai hubungan organisasi; a) Shaff; Bunyanun Marshuusun dan Sabilihi, b) Ummat; Ummat Muqtasidah, Ummat Jasiyah, Khairu Ummah, Ummat Wahidah), Ummat Wasathan, Ummat Qonitan, Ummat Muslimah. 3) Evaluasi : Al-Inba’, Al-Hisab, Al-Bala’, An-Nadzar, Al-Wazn, Al-Fitnah, dan At-Taqdir.
20171041 | 20 NUR m 041 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain