Electronic Resource
Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kegiatan Keagamaan Berbasis Furudul ‘Ainiyah Pada Siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Surono, 2018. Penguatan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui
Kegiatan Keagamaan Berbasis Furudul ‘Ainiyah Pada Siswa SMP
Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Tesis, Program Studi Pendidikan
Agama Islam Pascasarjana Universitas Nurul Jadid Paiton. Pembimbing :
Dr. H. Moh, Mahfudz Faqih, M.Si
Kata Kunci: Penguatan, Pembelajaran PAI, Kegiatan keagamaan, Furudhul
‘Ainiyah.
SMP Nurul Jadid merupakan lembaga pendidikan formal yang
bernaung di bawah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Jadid sangat
menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan sebagaimana tercermin dalam trilogi
santri dan panca kesadaran santri sebagai pola kehidupan yang dijalankan di
pesantren, dalam upaya meningkatkan mutu keagamaan bagi siswa sekolah
melakukan penguatan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui kegiatan
keagamaan berbasis furudul ‘ainiyah
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi
kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) wawancara mendalam,
(2) observasi partisipan, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan
interactive model yang terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi
data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Observasi secara terus
menerus (persistent observation), 2) Trianggulasi (trianggulation), 3) Diskusi
teman sejawat (reviewing), dan 4) Pengecekan ketercukupan referensi
(referential adequacy check)”
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep Penguatan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Jadid dilakukan dengan
menyusun perencanaan dengan membentuk tim penanggung jawab program
keagamaan yang diberi nama KKS ( Kegiatan Keagamaan Siswa ), melaksanakan
kegiatan keagamaan, melakukan pengawasan dan evaluasi. (2) kegiatan
keagamaan yang dirancang dalam penguatan pembelajaran pendidikan agama
islam di SMP Nurul Jadid ada beberapa macam bentuk diantaranya (a) kegiatan
keagamaan berbasis ekstrakurikuler, (b) kegiatan keagamaan yang dilakukan
dalam kelas (Intrakurikuler) dan (c) kegiatan keagamaan terpadu. (3) Implikasi
penguatan pembelajaran PAI pada siswa melalui kegiatan keagamaan berbasis
furudhul ‘ainiyah dapat dilihat dari beberapa hal antara lain ; a) sikap
pengetahuan dan keterampilan siswa, b) pengalaman guru tentang kemampuan
Furudul ‘Ainiyah peserta didik serta, c) pengalaman orang tua tekait dengan
program kegiatan Furudul ‘Ainiyah peserta didik
20160024 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain