Electronic Resource
PENGEMBANGAN MODUL PAI DALAM MENINGKATKAN PRETASI SISWA DI SMP TARUNA ISLAM AL-KAUTSAR KRAKSAAN PROBOLINGGO
Laila Zahratul , 2018. Pengembanagan Materi Ajar PAI dalam meningkatkan prestasi siswa
SMP Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan Probolinggo Jawa Timur. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Pendidikan Agama Islam Nurul Jadid Paiton Probolinggoobolinggo. Pembimbing Dr. Umar Manshur, M.A
Kata Kunci: Meningkatkan Prestasi siswa di SMP Taruna Islam Al- Kautsar Kraksaan Probolinggo.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menemukan gambaran pengembangan modul pembelajaran PAI yang dapat meningkatkan Prestasi siswa dengan latar belakang.Setelah memperoleh gambaran tersebut, kemudian di deskripsikan sebuah pembelajaran PAI dalam meningkatkan Prestasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan Probolinggo Jawa Timur pada bulan Desember hingga Frebuari 2018. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus.Sumber data penelitian ini meliputi orang, tempat, kegiatan - kegiatan, dokumen – dokumen dan materi visual yang dapat memberikan informasi dalam memahami masalah yang di teliti.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, telaah dokumen dan materi visual. Analisis data dilakukan selama proses pengumpulan data. Data yang terkumpul ditulis secara utuh, ditranskrip, dikategori, diberi kode, disimpan, dicari dan di ambil lagi untuk kepentingan pemaparan, triangulasi, analisis dan integrasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pengembangan modul PAI dalam meningkatakan Prestasi siswa SMP Taruna Islam Al-Kautsar
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang berjenis penelitian eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Grup Design . Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang digunakan semua sampel dengan tehnik pengumpulan data tes dan non tes (Angket). Sedangkan analisis data meliputi yaitu analisis tahap awal melibuti uji validitas,reliabilitas, tahap akhir melibuti Uji Beda (Independen Sample T-Test).
Hasil penelitian 1.) penggunaan modul yang dikembangkan efektif digunakan untuk mendukung pembelajaran pada mata pelajaran PAI 2.) Menggunakan modul PAI dapat meningkatkan prestasi siswa menunjukkan bahwa prestasi lebih tinggi dengan modul yang dikembangkan di SMP Taruna Islam Al-Kautsar,Kraksaan Probolinggo, tahun pelajaran 2017-2018.
20160029 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain