Electronic Resource
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MTs. BUSTANUL FAIZIN BLIMBING BESUKI SITUBOND
Abdul Wafi, 2018. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Card Sort Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing
Besuki Situbondo Tahun Pelajaran 2017-2018. Pembimbing :
Dr. H. Hasan Baharun, M.Pd
Kata Kunci : Media Pembelajaran Card Sort, Motivasi Belajar
Media pembelajaran merupakan salah satu cara pelaksanaan dari pada
proses pembelajaran, atau soal bagaimana materi pelajaran diberikan kepada
siswa. Guru harus menyadari bahwa menguasai media pembelajaran dalam
mengupayakan motivasi belajar siswa meningkat Dewasa ini banyak timbul
permasalahan karena penggunaan media selama ini kurang mampu untuk
membangkitkan motivasi yang diharapkan. Di MTs. Bustanul Faizin kegiatan
belajar Al-Qur’an Hadits pada awalnya menggunakan media pembelajaran yg
kurang variatif, sehingga siswa seringkali tidak memperhatikan dan sering gaduh
ketika kegaiatan belajar berlangsung. . Penerapan media pembelajaran Card Sort
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist ini merupakan suatu keunikan dimana
pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist ini lebih identik dengan metode ceramah,
hafalan, membaca dan menulis ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist-Hadist Nabi SAW
dengan baik dan benar, dengan diterapkannya media Card Sort ini lebih
memudahkan siswa memahami pelajaran Al-Qur’an Hadist dan juga dapat
memotivasi siswa dalam belajar.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah : a.
Bagaimana perencanaan implementasi media pembelajaran card sort dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas
VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki. b. Bagaimana pelaksanaan
implementasi media pembelajaran card sort dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin
Blimbing Besuki Situbondo. c. Bagaimana evaluasi implementasi media
pembelajaran card sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VII di MTs. Bustanul Faizin Blimbing Besuki
Situbondo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan
menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview dalam proses
mengumpulkan data. Sedangkan analisa datanya adalah analisis interaktif Miles
& Huberman dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data dan
terakhir penarikan kesimpulan.
20160001 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain