Electronic Resource
INOVASI SISTEM PEMBELAJARAN PAI BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO
Permasalahan kehidupan yang bersifat kompleks sangat memerlukan keterampilan berpikir yang lebih dari sekedar mengaplikasikan apa yang telah dipelajari. Peserta didik hendaknya lebih kreatif dalam menciptakan penyelesaian dari persoalan yang dihadapi dalam kesehariannya. Higher Order Thinking Skills (HOTS) diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Jadid melalui sistem pembelajaran yang di internalisasikan dalam bentuk kegiatan, program dan pola pembiasaan di pesantren sebagai upaya pembentukan karakter santri, pengembangan pengetahuan, wawasan, meningkatkan motivasi, berpikir positif, kreatif, berprilaku kritis dan mandiri.
Dalam penelitian bermaksud untuk mengungkap; (1) Bentuk Inovasi Sistem Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. (2) Alasan Inovasi Sistem Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo (3) Dampak Inovasi Sistem Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara observasi dan dokumentasi. Dalam analisa data penelitian ini menggunakan prosedur analisa model Miles & Huberman, yaitu menggunakan analisis interaktif dengan cara pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu dan ketekunan pengamatan, teknik triagulasi dan diskusi dengan teman.
Temuan penelitian adalah sebagai berikut; (1) Bentuk Inovasi Sistem Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo melalui pola pembiasaan, pola doktrinasi, pengembangan Furudhul ‘Ainiyah, dan pola budaya keorganisasian. (2) Alasan Inovasi Sistem Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo karena semakin bertambahnya kuantitas santri, agar meningkatkan karakter santri, memiliki kompetensi dan meningkatnya kemampuan literasi santri sehingga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan persoalan yang kompleks. (3) Dampak Inovasi Sistem Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo yaitu santri memiliki motivasi yang tinggi dalam melakukan hal-hal yang positif, menjadi pribadi yang mandiri dan berprestasi.
20160023 | 20 SAL i 023 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain