Electronic Resource
Akselerasi Mutu Pendidikan Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018,
Akselerasi Mutu Pendidikan dalam konteks Pendidikan agama Islam salah satunya dengan cara mengembangkan kepribadian seorang muslim demi tercapainya kpribadian muslim yang berkarakter islami mengikuti ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Upaya sekolah dalam mengkatkan kualitas pendidikan terutama pada mata pelajaran PAI salah satu dapat dilakukan dengan gerakan literasi sekolah (GLS). Gerakan literasi sekolah merupakan sebuah program dimana sekolah memanfaatkan segala media pembelajaran dan sarana prasarana di sekolah. Khususnya adanya perubahan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 374/KEP/D/KR/2016 Tanggal: 11 Juli 2016 Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013 Tahun 2016 untuk SMA Negeri 02 Bondowoso serta pelaksananaan Program Gerakan Literasi Sekolah Sebagai inovasi pendidikan dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 02 Bondowoso Bertujuan: 1. Untuk memahami bentuk-bentuk akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah (GLS) dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowoso, 2. Untuk menjelaskan implementasi pelaksanaan akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah (GLS) dalam pembelajaran agama Islam di SMA Negeri 02 Bondowoso dan, 3. Untuk menganalisis implikasi akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah (GLS) dalam Meningkatkan kemndirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 02 Bondowoso.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Obyek penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, Wakasek Sarpras, Wakasek Humas, Guru PAI dan siswa di SMA Negeri 02 Bondowoso. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.Uji pengecekan keabsahan data menggunakan Presistent Observation, Triangulasi,dan Peerdering.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1. Adapun bentuk-bentuk akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang dilakukan oleh SMA Negeri 02 Bondowoso Tahun 2018 diantaranya adalah pemberian reward dan punishman bagi siswa disiplin, pengembangan kompetensi guru, orientasi pembelajaran berbasis proses dan hasil belajar, profesionalisme guru, pemanfaatan sarana prasarana sebagai sumber belajar utama, penguasaan guru terhadap media teknologi menuju sekolah DuobleTrack, Penyusunan program melibatkan semua warga sekolah, kunjunagn siswa ke perpustakaan, dan proaktif dalam mengambil peluang di tingkat local maupun nasional. 2. Implementasi pelaksanaan akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang dilakukan oleh SMA Negeri 02 Bondowoso melalui gerakan literasi sekolah dengan cara penyusunan program jangka pendek, menengah dan jangka panjang, organizing comite, aktualisasi program sekolah dalam proses belajar mengajar, literasi menjadi prioritas program kemandirian belajar, penerapan program kursus computer, pelaksanaan Program Ekstrakurikuler, dan evaluasi program-program sekolah dan. 3. Adapun implikasi akselerasi mutu pendidikan melalui program gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PAI yaitu kemandirian sekolah dalam megambil kebijakan, terjaminnya kepuasan siswa dan masyarakat, dan kemandirian Siswa dalam belajar di SMAN 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018.
2016007 | 16 IKW a 007 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain