Electronic Resource
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DENGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PUSKESMAS WONOSARI TAHUN 2019
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP DENGAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PUSKESMAS WONOSARI TAHUN 2019
Lilik Mulyati, * SriAstutik Andayani, *Joko Prananto *Dosen Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan - Universitas Nurul Jadid Jl.KH. Zaini Mun’im Karanganyar Paiton Probolinggo e-mail : lilikmulyati80@gmail.com
Abstrak : Pengukuran kepuasan masyarakat dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan serta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menilai layanan yang telah diterima. Rancangan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 59 responden yang diambil secara accidental sampling. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai dengan Mei 2019 di Puskesmas Wonosari, Kabupaten Bondowoso. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner, selanjutnya dilakukan Analisa bivariat dengan Analisa Spearman Rank, dengan signifikansi p = 0,05. Hasil uji statistik Spearman Rank dengan derajat kemaknaan p < 0,05. Didapatkan p value 0,000 yang berarti Ada Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dengan Indeks Kepuasan Masyarakat Puskesmas Wonosari dengan tingkat Correlation Coefficient 0,714. Kualitas pelayanan rawat inap berakibat pada indeks kepuasan masyarakat saat menerima pelayanan kesehatan yang diberikan. Kualitas layanan ini pada akhirnya dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya terjalinya hubungan yang harmonis antara penyedia layanan dan pelangan, memberikan dasar yang baik terciptanya loyalitas pelanggan dan membangun suatu rekomendasi yang menguntungkan bagi penyedia layanan tersebut
1570117044 | 15 LIL h 044 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain