Electronic Resource
PERSEPSI KLIEN TERHADAP FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMANFAATAN LAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KLABANG KABUPATEN BONDOWOSO
Pemanfaatan pelayanan kesehatan paling erat hubungannya dengan kapan seseorang memerlukan pelayanan kesehatan dan seberapa jauh efektifitas pelayanan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi klien dalam pemanfaatan layanan rawat jalan di Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso.
Rancangan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross-Sectional. Penelitian dilakukan di puskesmas Klabang, pada bulan April sampai dengan Mei 2019. Dengan jumlah sampel sebanyak 245 responden yang diambil dengan tehnik pengambilan sampel secara accidental sampling. Alat yang digunakan adalah kuesioner, yang selanjutnya dilakukan uji analisis bivariat dan multivariate untuk mengetahui Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Klien Dalam Pemanfaatan Layanan Rawat Jalan Di Puskesmas Klabang Kabupaten Bondowoso.
Hasil uji statitik didapatkan bahwa fasilitas pelayanan, pelayanan perawat atau bidan, biaya pelayanan, pelayanan dokter, kemudahan informasi dan system regulasi jaminan kesehatan secara signifikan mempengaruhi pemanfaatan layanan rawat jalan.
Persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang baik dari puskesmas memberikan kesan yang mendalam dan menimbulkan motivasi untuk dapat memanfaatkan layanan kesehatan yang diberikan. Apabila masyarakat mengetahui bahwa penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan yang diharapkan maka kepercayaan dan kepuasan akan semakin meningkat.
Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional, khususnya subsistem upaya kesehatan.
1570117069 | 15 WIL p 069 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain