Electronic Resource
PENERAPAN PEMBELAJARAN FIQIH MENGGUNAKAN ANDROID DI MTS NURUL HIDAYAH BONDOWOSO
ABSTRAK
Mochammad Nor Zubaidi Baharun.Penerapan Pembelajaran Fiqih Menggunakan Android Di MTs Nurul Hidayah Bondowoso. Skripsi. Problinggo: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo , 2019.
Kata kunci : Penerapan, Fiqih, Android.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran Fiqih disebabkan sumber belajar berupa buku teks kurang menarik minat siswa, sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif. Dalam mengatasi problem tersebut diperlukan penyediaan dan pengembangan media pembelajaran Fiqih, diantara pilihan yang sesuai dengan kondisi saat ini adalah media berbasis IT.
Penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Jenis data dalam penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif, analisis data penelitian ini menggunakan digunakan analisis deskriptif dan analisis presentase. Variabel kualitas disusun berdasarkan aspek kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep, kebahasaaan, keterlaksanaan, tampilan, suara, dan kemudahan mengoperasikan. Variabel respon siswa terhadap media pembelajaran disusun berdasarkan kisi-kisi yaitu: pengoprasian media dan tampilan media.
Berdasarkan penilaian oleh guru (PAI dan TIK) terhadap kecukupan media pembelajaran ini menyatakan bahwa media pembelajaran mendapatkan skor 306 dari skor maksimal ideal 336, maka termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase keidealan 91,07 %. Penilaian oleh Tim ahli terhadap media pembelajaran ini menyatakan bahwa media pembelajaran mendapatkan skor 99 dari skor maksimal ideal 112, maka termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase keidealan 88,39%. Penilaian oleh 20 siswa MTs Nurul Hidayah Bondowoso kelas VII terhadap media pembelajaran mendapatkan skor 654 dari skor maksimal ideal 800, maka termasuk dalam kategori Sangat Baik (SB) dengan presentase keidealan 81,75%. Sehingga media pembelajaran berbasis Android yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa MTs kelas VII.
Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran medapatkan respon yang Sangat Baik (SB) dari siswa dengan presentase 81,75%.
133306013 | 13 MOC p 013 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain