Electronic Resource
IMPLEMENTASI STRATEGI PAIKEM PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP ISLAM TERPADU PERMATA
ABSTRAK
Nugroho, Julianda Rizki 2019: Implementasi Strategi PAIKEM Pada Pembelajaran
PAI Di SMP ISLAM Terpadu Permata. Skripsi, jurusan PAI, fakultas tarbiyah, Universitas
Nurul-Jadid (UNUJA) pembimbing 1) Drs. H.A Fathorrazi, M.pd.I 2) Zaini Gunawan M.pd.
Kata kunci: PAIKEM, Pembelajaran PAI
Laporan Skripsi ini mengkaji tentang penerapan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif,
efektif dan menyenangkan (PAIKEM) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP
ISLAM TERPADU PERMATA. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui
penerapan PAIKEM pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP ISLAM TERPADU
PERMATA. Faktor pendukung dan kendala pada penerapan PAIKEM pada mata pelajaran
pendidikan agama islam di SMP ISLAM TERPADU PERMATA, dan hasil penerapan PAIKEM
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP ISLAM TERPADU PERMATA.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
kualitatif. Instrument utama dalam mengumpulkan data yaitu: pedoman observasi, pedoman
wawancara dan catatan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-IX
SMP ISLAM INSAN TERPADU, jumlah peserta didik 49 orang. Dari tiga kelas dipilih satu
kelas sebagai sampel yaitu kelas VII dengan jumlah peserta didik 25 orang ditambah dengan
kepala sekolah dan satu orang guru Pendidikan agama islam, sehingga jumlah totals ebanyak 27
informan. Hasil penelitian ini adalah (1) pada umumnya pembelajaran aktif, inovatif, kreatif,
efektif dan menyenangkan (PAIKEM) telah diterapkan di SMP ISLAM TERPADU PERMATA
pada mata pelajaran pendidikan agama islam, (2) factor pendukung dan kendala pada penerapan
PAIKEM pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP ISLAM TERPADU PERMATA,
factor pendukung, diantaranya adalah lingkungan sekolah yang juga merupakan sumber belajar,
motivasi dari pimpinan kepada guru untuk mengadakan pelatihan atau workshop,
mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan dalam hal metode pembelajaran serta
mengadakan supervise kepada para pendidik yang berkaitan dengan proses pembelajaran di
kelas, sedangkan factor kendala diantaranya adalah motivasi peserta didik, kemampuan guru
serta tersedianya fasilitas dan media pembelajaran (3) hasil penerapan PAIKEM pada mata
pelajaran pendidikan agama islam di SMP ISLAM TERPADU PERMATA sangat baik, hal ini
dapat dilihat dari semangat peserta didik dan aktif dalam pelajaran PAI serta interaksi antara
guru dengan peserta didik, sesame peserta didik, peserta didik, guru serta sumber belajar dengan
penerapan PAIKEM berlangsung dengan baik.
1530304576 | 15 JUL i 576 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain