Electronic Resource
MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU SEKOLAH DAN PESANTREN DI SMP INSAN TERPADU PAITON
Pendidikan merupakan proses sistematik untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik yang memungkinkan potensi diri (afektif, kognitif, psikomotor) berkembang secara optimal. Sejalan dengan itu, kurikulum disusun dengan memperhatikan potensi, tingkat perkembangan, minat, kecerdasan intelektual, emosional dan sosial, spritual, dan kinestetik peserta didik. Melalui Manajemen kurikulum terpadu sekolah dan pesantren akan mampu membentuk keagungan akhlak, kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan emosional sesuai nilai kepesantrenan. Secara umum fokus penelitian ini adalah bagaimana pengembangan manajemen kurikulum terpadu sekolah dan pesantren di SMP Insan Terpadu Paiton dengan sub pokok penelitian 1) Bagaimana model perencanaan kurikulum terpadu sekolah dan pesantren di SMP Insan Terpadu?, 2) Bagaimana model implementasi kurikulum terpadu sekolah dan pesantren di SMP Insan Terpadu?, 3) Bagaimana model evaluasi kurikulum terpadu sekolah dan pesantren di SMP Insan Terpadu?
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model perencanaan kurikulum terpadu sekolah dan pesantren di SMP Insan Terpadu menganut perpaduan model penyusunan kurikulum Model Interaktif rasional atau The Rational-Interactive Model dan The Decipline Models. 2) Model Implementasi kurikulum terpadu sekolah dan pesantren di SMP Insan terpadu menganut model TORI Model 3) Sedangkan model evaluasi kurikulum di SMP Insan Terpadu yang dianut adalah model CIPP (Context,Iinput, Process and Product).
20171010 | 20 HUS m 010 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain