Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo

Universitas Nurul Jadid

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
No image available for this title

Electronic Resource

STRATEGI KOMUNIKASI GURU BK DALAM MENANGANI KENAKALAN REMAJA DI MADRASAH ALIYA NURUL JADID (MANJ) PAITON PROBOLINGGO STRATEGI KOMUNIKASI GURU BK DALAM MENANGANI KENAKALAN REMAJA DI MADRASAH ALIYA NURUL JADID (MANJ) PAITON PROBOLINGGO

Ali Mustafa - Nama Orang;

”STRATEGI KOMUNIKASI GURU BK DALAM MENANGANI KENAKALAN REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID (MANJ) PAITON PROBOLINGGO”
ALI MUSTAFA
Universitas Nurul Jadid (UNUJA)


ABSTRAK
Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru BK MANJ Nurul Jadid terhadap siswanya? dan (2) Apa saja hambatan-hambatan yang ditemukan dalam membina perilaku siswa MANJ Nurul Jadid. Serta tujuannya adalah mengetahui strategi guru BK dan juga hambatan yang didapat dalam menangani kenakalan siswa remaja.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber data peneliti berasal dari buku-buku teori, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan strategi komunikasi, komunikasi interpersonal dan lain sebagainya. Selanjutnya, teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang ada. Adapun analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) strategi komunikasi yang dilakukan guru BK MANJ Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam menangani kenakalan Siswanya adalah dengan cara mengajak berdialog secara personal untuk memahami keinginan dan kemauan siswa, memberikan bimbingan klasikal kesetiap kelas, memberikan pembiasaan yang positif terhadap siswa. (2) hambatan-hambatan yang ditemui dalam menangani kenakalan siswa remaja adalah adanya kemalasan dari dalam diri siswa, faktor internal seperti keluarga yang memiliki watak negatif, faktor eksternal seperti lingkungan tempat tinggal dan teman yang buruk dan terakhir keinginan pengakuan dari orang sekitarnya kerap membuat siswa melakukan hal yang melanggar tata tertib sekolah.
Implikasi dalam penelitian ini yaitu, ada baiknya guru lebih mengutamakan pendekatan agama seperti mewajibkan siswa ikut sholat berjamaah tanpa terkecuali dan memperbanyak kegiatan positif untuk siswa guna menghindari perilaku negatif dan untuk siswa remaja sebagai generasi penerus harus lebih bersikap dewasa dan bertanggung jawab dengan dirinya agar kelak menjadi lulusan yang berkualitas.


Ketersediaan
151040032915 ALI s 329Perpustakaan Universitas Nurul JadidTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
15 ALI s 329
Penerbit
PAITON PROBOLINGGO : UNUJA., 2019
Deskripsi Fisik
74 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1510400329
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun sumber data peneliti berasal dari buku-buku teori, dokumen-dokumen yang berkaitan dengan strategi komunikasi, komunikasi interpersonal dan lain sebagainya. Selanjutnya, teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang ada. Adapun analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) strategi komunikasi yang dilakukan guru BK MANJ Nurul Jadid Paiton Probolinggo dalam menangani kenakalan Siswanya adalah dengan cara mengajak berdialog secara personal untuk memahami keinginan dan kemauan siswa, memberikan bimbingan klasikal kesetiap kelas, memberikan pembiasaan yang positif terhadap siswa. (2) hambatan-hambatan yang ditemui dalam menangani kenakalan siswa remaja adalah adanya kemalasan dari dalam diri siswa, faktor internal seperti keluarga yang memiliki watak negatif, faktor eksternal seperti lingkungan tempat tinggal dan teman yang buruk dan terakhir keinginan pengakuan dari orang sekitarnya kerap membuat siswa melakukan hal yang melanggar tata tertib sekolah. Implikasi dalam penelitian ini yaitu, ada baiknya guru lebih mengutamakan pendekatan agama seperti mewajibkan siswa ikut sholat berjamaah tanpa terkecuali dan memperbanyak kegiatan positif untuk siswa guna menghindari perilaku negatif dan untuk siswa remaja sebagai generasi penerus harus lebih bersikap dewasa dan bertanggung jawab dengan dirinya agar kelak menjadi lulusan yang berkualitas.
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Nurul Jadid Paiton-Probolinggo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan UNUJA berlokasi di Kampus Timur UNUJA - Gedung A Lantai 2.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik