Electronic Resource
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI PROGRAM BACA TULIS QUR’AN (STUDY KASUS DI MTs MIFTAHULKHOIR MENYONO KURIPAN PROBOLINGGO
Agama Islam memerintahkan kepada umatnya untuk mempelajari serta mengajarkan kitab suci Al-Qur'an, karena Al-Qur'an adalah sumber dari segala sumber ajaran islam yang mencakup segala aspek kehidupan manusia, Membaca Al-Qur’an itu tidak boleh asal baca dan harus hati-hati karena tidak boleh salah cara pengucapan makhraj nya dan tajwid nya karena akan mempengaruhi arti dari Al-Qur’an sendiri. Karena sangat urgennya cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar maka diperlukan strategi dan metode yang tepat agar kualitas dan kefashihan bacaan santri lebih meningkat. Sehingga dalam pembelajaran Al-Qur’an guru harus pintar-pintar dalam memilih metode. Untuk itu diperlukan metode yang cocok agar peserta didik bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan hukum bacaannya. Salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an di MTs Miftahul Khoir Menyono adalah pengadaan program Baca Tulis Qur’an.
Berangkat dari hal tersebut, peneliti ingin mengetahui: (1) Implementasi program Baca Tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Miftahul Khoir Menyono, Serta (2) Ingin mengetahui hasil upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui program Baca Tulis Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) dimana peneliti lebih leluasa untuk menganalisa secara mendalam dan menyeluruh. Kemudian dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara sistematis dengan menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Agar data yang diperoleh valid maka, peneliti juga memilih tehnik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan diskusi sebagai teknik pengecekan keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi metode Baca Tulis Qur’an dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs Miftahul Khoir Menyono, Kuripan Probolinggo, pelaksanan pembelajarannya setiap hari jum’at dari pukul 07:00 – 08:00 wib. sehingga dalam 1 bulan, 4 jam yang dibutuhkan, dan wajib diikuti bagi siswa yang beragama Islam tentunya. pembagian kelompoknya berdasarkan tingkat kemampuan siswa, yakni mengikuti jenjang kelas, karena disesuaikan dengan kemampuan siswa. Kelas Abu Bakar cenderung menggunkan metode Qiro’ati, kelas Ustman menggunakan metode an-Nahdliyah dan kelas Umar menggunakan metode Iqra’.
123305464 | 12 MUH u 464 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain