Electronic Resource
Manajemen Dakwah Media cetak Islami (Studi Kasus Majalah Ijtihad PP. Sidogiri Pasuruan)
ABSTRAK
Ahmad Muhtaris. Manajemen Dakwah Media Cetak Islami (Studi Kasus Majalah Ijtihad PP. Sidogiri Pasuruan). Universitas Nurul Jadid (UNUJA) Paiton Probolinggo.Pembimbing 1) Zainul Arifin M.Pd.I, 2) Farhan M.Sos.I
Manajemen dalam suatu redaksi media merupakan suatu sistem yang menjadi acuan atau landasan sebuah redaksi media dalam melakukan penerbitan yang disesuaikan dengan visi dan misi dari media itu sendiri. Begitu pula dengan majalah IJTIHAD. Majalah ini adalah salahsatu majalah yang dimiliki PP. Sidogiri, yang dikelola oleh Santri Aliyah PP. Sidogiri.
Penelitianinidilakukanuntukmengetahuibagaimanamanajemendakwahyang dimilikidandilakukanolehMajalahIjtihad. Makadariitupenulisinginmengetahuiperumusanmasalahnya. YaknibagaimanamanajemenmajalahIjtihaddalamkegiatanpenerbitan, danbagaimanamanajemendakwahdalammajalahijtihad.
Majalah Ijtihad merupakan media cetak atau majalah pertama yang ada di Sidogiri, sebelum adanya media cetak lain seperti Buletin Sidogiri, majalah Istinbat dan lain sebagainya.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif di mana dalam penelitian untuk menghasilkan data dengan bentuk informasi, komentar, pendapat atau kalimat. Hal ini dipergunakan untuk menjawab Manajemen redaksi majalah Ijtihad.
Pendekatan kualitatif yakni data yang disajikan dalam bentuk kata verbal bukan dalam bentuk angka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah pendekatan etnografi. Etnografi sebagai laporan penelitian maupun sebagai metode penelitian, dianggap sebagai dasar dan asal-usul ilmu antropologi. Ciri khas dari metode penelitian lapangan etnografi adalah bersifat holistik-integratif, thick description, dan analisis kualitatif dalam rangka mendapatkan native's point of view. Teknik pengumpulan data yang utama adalah observasi partisipasi, wawancara terbuka dan mendalam yang dilakukan dalam jangka waktu yang relatif lama.
Majalah Ijtihad bukan majalah komersil yang diperjual belikan untuk umum. Saat ini Majalah ijtihad berdiri hanya sebagai wadah dalam mengembangkan kreativitas santri, dan hanya dijual kepada santri ‘aliyah saja.
141400313 | 14 AHM m 313 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain