Electronic Resource
IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MAHARAH KALAM DI LEMBAGA PENGEMBANGAN BAHASA ASING (LPBA) NURUL JADID
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Problem Based Learning (PBL) dan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran Maharah Kalam. Penelitian dilakukan di lembaga pengembangan Bahasa Asing ( LPBA) Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Field Reseach ( penelitian lapanngan ), instrumen-instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan metode deduktif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Maharah Kalam di lembaga tersebut telah berjalan efektif dengan dukungan para pengajar yang selalu berkomunikasi dengan para siswa menggunakan Bahasa Arab baik di dalam maupun di luar kelas serta lingkungan berbahasa Arab yang memaksa para siswa untuk selalu berinteraksi antar satu dengan yang lain menggunakan Bahasa Arab. Namun masih ada beberapa hal yang menghambat proses pembelajaran Maharah Kalam dengan metode Problem Based Learning ( PBL) yaitu kosa kata (mufradat) Bahasa Arab yang dihafal oleh siswa sangat sedikit, pengetahuan siswa tentang masalah yang telah ditentukan untuk didiskusikan dengan menggunakan Bahasa Arab kurang mendalam dan juga sarana prasana yang kurang memadai.
1530600572 | 15 AHM i 572 | Perpustakaan Universitas Nurul Jadid | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Koleksi Digital |
Tidak tersedia versi lain